Seekor Lagi Buaya 1 Ton Belum Tertangkap

Buaya air asin
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pasca tertangkapnya buaya air asin sepanjang 6,4 meter dan berbobot lebih dari 1 ton, warga desa Bunawan, Provinsi Agusan del Sur, Filipina belum bisa bernafas lega. Pasalnya, buaya yang tertangkap bukanlah buaya yang pernah dilihat warga di sungai. Buaya yang masih berkeliaran, diperkirakan berukuran lebih besar lagi.

Seperti diberitakan oleh Associated Press, Selasa, 6 September 2011, penduduk desa bersama dengan para pemburu saat ini tengah memburu buaya yang masih tersisa di sungai dekat pemukiman. Ron Sumilier, pemburu profesional yang telah 20 tahun menjerat buaya, mengatakan dia telah memasang 20 jebakan kabel baja dengan umpan bangkai binatang di sepanjang sungai.

"Penduduk desa mengatakan 10 persen ketakutan mereka hilang setelah buaya pertama tertangkap. Namun masih ada 90 persen ketakutan lagi yang harus diatasi," kata Sumilier.

Buaya air asin adalah teror bagi 37.000 masyarakat Bunawan. Reptil raksasa ini dilaporkan memakan seekor kerbau air bulan lalu dan diduga juga telah membunuh seorang nelayan yang hilang pada bulan Juli.

Sumilier mengatakan buaya yang telah mereka tangkap bukanlah pemakan manusia. Hal ini diperoleh setelah Sumilier memaksa buaya itu memuntahkan isi perutnya dan tidak ditemukan potongan tubuh manusia.

Buaya spesies crocodylus mindorensis yang tertangkap tergolong langka di Filipina dengan hanya terdapat sekitar 250 ekor di alam liar. Pemerintah Filipina melarang pembunuhan terhadap jenis buaya langka. Pelanggarnya dapat dihukum penjara maksimal 12 tahun dan denda 1 juta peso (Rp205 juta). Predator raksasa yang ditangkap ini akan ditempatkan di taman margasatwa yang sedang dibangun.

Buaya ini bisa jadi adalah buaya terbesar di dunia yang pernah tertangkap. Sebelumnya Guiness World Record mencatatkan buaya air asin terbesar di dunia adalah Cassius dengan panjang 5,5 meter. Buaya yang terdapat di penangkaran di Australia ini diperkirakan berumur 100 tahun. (umi)

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh
Perempuan usia 9 tahun di India jadi viral lantaran mampu mengangkat beban hingga 75 kg.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Perempuan berusia sembilan tahun di India mendapat julukan 'female version of Hercules' alias Hercules Perempuan, lantaran kuat mengangkat beban hingga 75 kilogram.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024