Rektor UI: Gelar untuk Raja Arab Final

Raja Arab Saudi Abdullah
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemberian gelar Doktor Honoris Causa  dari Universitas Indonesia untuk Raja Arab Saudi, Abdulah bin Abdul Azis membuat berang para profesor dan mahasiswa UI.

Beberapa pihak meminta agar Universitas Indonesia mencabut gelar Doctor Honoris Causa  tersebut. Menanggapi polemik tersebut, Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri menegaskan pemberian gelar HC kepada Raja Arab Saudi sudah final dan tidak akan direvisi.

"Pemberian HC itu kan ranah akademik. Sistem dan prosedurnya tentu sudah dipenuhi, guru besar terlibat, reason juga sudah dikemukakan, jadi saya kira sudah selesai dan final," ujar Gumilar di Gedung Rektorat UI, Depok, Senin, 5 September 2011.

Menurut Gumilar, pemberian gelar dilakukan di Arab karena banyak faktor dan dari segi tata aturan memungkinkan. "Tadinya mau di Indonesia kemudian batal. Usia beliau sudah 86 tahun, sudah sangat susah berjalan, kemudian kita diundang kesana, tentu saja kita menghargai. Dari segi tata aturan akan repot sekali dengan kondisi beliau, dan habis sakit. SOP memungkinkan, kita pernah memberikan itu di Jepang juga," kata dia.

Gumilar juga menampik institusi yang dipimpinnya mengobral gelar doktor karena pemberian gelar sudah sesuai dengan sistem dan prosedur. "Terus katanya ada yang bilang UI obral gelar doktor? Kata siapa obral-obral. UI pernah 20 tahun steril tidak pernah memberikan gelar doktor honoris dan kita memberikan gelar doktor kepada orang-orang yang tepat," kata dia.

Gumilar mencontohkan beberapa penerima gelar HC seperti sastrawan Taufik Ismail, Sultan Hasanal Bolkiah, dan BJ Habibie. "Seperti Taufik Ismail, siapa yang tidak tergetar ketika Taufik Ismail membaca syairnya. Atau Sultan Hasanal Bolkiah, siapa yang meragukan ketokohan beliau dalam dunia ASEAN. Atau Pak Habibie, siapa yang meragukan putra terbaik bangsa ini," tegasnya. (umi)

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England
Pemain Manchester United, Amad Diallo Mendapatkan Kartu Merah

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Man Utd masih dalam suasana positif setelah kemenangan dramatis mereka atas Liverpool di babak perempat final Piala FA. Ten Hag mengakui bahwa situasi bermasalah.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024