Hakim Kasus Akbar Tandjung Meninggal Dunia

Bunga duka cita
Sumber :
  • www.iklanmax.com

VIVAnews - Kabar duka kembali melanda Mahkamah Agung. Salah satu Hakim Agung, Muchsin, meninggal dunia. Muchsin meninggal dunia di Rumah Sakit Premier Surabaya pukul 03.30 WIB, Minggu, 4 September 2011.

"Betul, informasinya semalam jam 3," kata juru bicara MA Hatta Ali kepada VIVAnews.com. Minggu, 4 September 2011. Almarhum meninggal karena penyakit kanker hati.

Ketua MA Harifin Andi Tumpa dan hakim agung serta jajaran MA sedang dalam perjalanan menuju rumah duka di Perumahan Galaxy Bumi Araya, Semolowaru, Kecamatan Sukolilo, Surabaya. "Kami semua kaget karena tiba-tiba," ungkap Hatta.

Almarhum rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Umum Benowo usai salat dzuhur. "Kami sudah di bandara mau berangkat ke Surabaya juga Bapak Ketua MA," ujar Hatta.

Muchsin merupakan hakim agung yang mengabulkan permohonan kasasi Akbar Tandjung pada 2004 dalam kasus korupsi dana non-budgeter Bulog senilai Rp40 miliar.  Pria kelahiran Boyolali 8 Agustus 1943 ini adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya (1968), program Notariat UGM Yogyakarta (1985), dan program Doktor Ilmu Hukum Unair Surabaya (1996).

Guru besar di Fakultas Hukum (FH) Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya ini diangkat menjadi hakim agung melalui Keputusan Presiden Nomor 241/M/Tahun 2000 tertanggal 2 September 2000. Ia menjabat hingga 2013 mendatang.

Selain itu, Muchsin juga mengajar di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumoharjo.

Muchsin pernah menjabat Ketua Departemen Hukum dan Pembelaan PPP (1995-1998) dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PPP Jawa Timur. Ia juga merupakan anggota DPR antara tahun 1992-1999. Almarhum yang pernah menjabat sebagai Rektor Unsuri (1985-1997) ini meninggalkan seorang istri bernama Isnawati dan empat orang anak. (adi)

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024