Lima Negara Merayakan Idul Fitri Rabu

Shalat Ied di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Sidang itsbat yang berlangsung sengit semalam akhirnya berhasil memutuskan bahwa 1 Syawal 1432 Hijriah di Indonesia jatuh pada 31 Agustus 2011.

Dengan ditetapkannya tanggal itu, jelas pula kiranya kapan para pemeluk Muslim di tanah air dapat merayakan lebaran.

Dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, sidang yang diikuti oleh berbagai organisasi massa (ormas) Islam di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah mengetengahkan simpulan laporan dari beberapa titik rukyat, yang secara umum berarti melihat langsung hilal dengan mata.

Laman moonsighting.com mencatat 28 negara seperti Saudi Arabia, Perancis, Amerika Serikat, Yordania, Filipina - untuk menyebut beberapa - memilih hari ini, Selasa, 30 Agustus 2011 sebagai hari pertama bulan Syawal. Dengan demikian, negara-negara itu secara otomatis resmi merayakan lebaran pada hari yang sama.

Sementara itu, selain Indonesia, negara lain yang akan memuliakan Idul Fitri pada hari Rabu, 31 Agustus 2011, adalah Oman, Tanzania, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Namun, laman yang sama menunjukkan bahwa rukyat di sekitar 16 negara pada tanggal 29 Agustus 2011 hanya menempatkan Cili sebagai satu-satunya yang melihat hilal. Turki, China, Perancis dan Filipina gagal menyaksikan hilal. Namun, keputusan mereka segendang-sepenarian dengan 24 negara lain yang merayakan lebaran hari ini.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS
Bermodal belajar kendarai mobil lewat youtuber berakhir tragis

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Pria yang viral ini karena belajar mengemudikan mobil hanya bermodalkan nonton lewat tutorial di Youtube. Hasilnya, mobil yang yang dipakai berkendara pun hancur parah...

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024