Pesan Lebaran NU ke SBY:Maafkan Elit Politik

Peringatan Harlah NU
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), KH Said Aqil Siroj, mengingatkan arti penting Hari Raya Idul Fitri untuk meneguhkan semangat kebangsaan. Para elit yang belakangan terlibat perselisihan, diingatkan untuk bisa saling bermaafan, melupakan semua kesalahan dan kembali bersama-sama membangun bangsa.

"Idul Fitri adalah kesempatan kita bersenang-senang, itu boleh karena kita patut bangga berhasil menahan hawa nafsu selama sebulan. Tapi hal penting yang tidak boleh ditinggalkan adalah silaturahim, saling bermaafan," kata Said di Jakarta, Senin, 29 Agustus 2011.

Said juga mengingatkan agar perayaan Idul Fitri dilakukan sebatas kemampuan yang dimiliki. Makanan enak dan pakaian yang bagus menjadi contoh bentuk kesenangan, namun pemenuhannya tetap harus memperhatikan kemampuan.

Selain itu, seluruh warga negara yang beragama Islam juga disarankan melakukan silaturahmi, termasuk pejabat negara. Said menjelaskan, pejabat bisa menerima silaturahmi rakyatnya, dengan mengedepankan sikap gembira.

"Itu ada haditsnya. Siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, wajib baginya senang dalam menerima kedatangan tamu di rumahnya," ujar Said.

Di kalangan elit pemerintahan, Said juga berpesan agar momentum Idul Fitri dijadikan sarana rekonsiliasi nasional dengan saling memaafkan. Jika memang dianggap perlu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disarankan tak segan mendatangi sesama elit politik, saling memaafkan dan melupakan perselisihan yang selama ini muncul.

"Intinya semua harus bisa memaknai Idul Fitri dengan semangat saling memaafkan. Presiden jika nantinya menjadi tuan rumah dalam silaturahmi, tetap wajib menghargai tamunya, apapun latar belakang tamu tersebut," ujar Said.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Laporan:  M. Arief Hidayat

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024