Fauzi Bowo Pantau Arus Mudik di Terminal Bus

Fauzi Bowo
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memantau langsung kondisi pelayanan terminal puncak arus mudik H-2 di terminal Pulogadung, dan terminal Kampung Rambutan.

"Kami ingin memastikan tidak ada pemudik yang tidak terangkut ke kampung halaman mereka," kata Fauzi Bowo, di Jakarta, Minggu 28 Agustus 2011.

Meski masih menemukan sejumlah kekurangan, secara umum menurut Foke, pelayanan arus mudik tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. “Saya berterima kasih atas koordinasi dan dedikasi petugas di lapangan,” kata Foke sebagai penanggung jawab Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu wiayah DKI.

Menurut perkiraan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pemudik yang menggunakan bus AKAP pada tahun ini sekitar 596.417 orang. Sedangkan kendaraan mudik gratis sekitar 69.849 orang. Kendaraan bus yang tersedia 7.292 unit, termasuk bus bantuan dari bus kota dan bus pariwisata.

Untuk melayani arus mudik pengguna bus, Pemda DKI telah menetapkan 4 terminal utama dan 10 terminal bayangan. Semuanya dilengkapi Posko Lebaran dengan fasilitas uji kelayakan jalan, fasilitas kesehatan, pengamanan terpadu, dan tes urine (narkoba). “Setiap kendaraan yang akan berangkat, akan diuji kelayakannya, termasuk sopir diharuskan melakukan tes urine untuk mengetahui apakah mereka pengguna narkoba atau alkohol,” kata Foke. 

Untuk meningkat layanan kepada masyarakat yang mudik, Dishub juga telah menyiapkan 1.174 petugas LLAJ yang bertugas di berbagai wilayah. Mereka ini akan difasilitasi dengan 42 mobil patroli, 253 sepeda motor dan 22 unit mobil Derek. Disamping itu juga telah disiapkan 123 unit rambu portable yang dapat digunakan untuk mengendalikan arus kendaraan.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga menyampaikan, setelah Idul Fitri petugas di posko-posko terminal harus kembali siap untuk melayani arus balik yang diperkirakan mencapai puncaknya pada H+5 sampai H+7.

“Setelah ini kita harus menyiapkan diri untuk melayani arus balik yang jumlahnya biasanya lebih banyak dibandingkan arus mudik karena ada tambahan dari sanak saudara atau famili yang ingin ikut keluarga mereka ke Jakarta,” kata Foke.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024