Lebaran

Harga Sayuran di Padang Naik Hingga 100%

Kebutuhan Pangan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dua hari jelang lebaran harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional mulai merangkak naik. Di Padang, kenaikan harga tertinggi dialami komoditas sayuran.

Kenaikan harga tertinggi terjadi pada buncis yang naik hingga 100 persen. Buncis yang dalam keadaan normal diperdagangkan Rp8.000 hingga Rp10.000 per kilogram, saat ini melambung hingga Rp18.000 per kg-nya.

Lonjakan harga yang signifikan ini telah terjadi sejak tiga hari lalu. "Tiga hari lalu pembeli sudah memborong buncis," kata Ridwan (34) pedagang kebutuhan pokok di Pasar Alai, Minggu 28 Agustus 2011.

Menurut Ridwan, melonjaknya harga buncis disebabkan karena meningkatnya permintaan akan komoditi tersebut. Sedangkan stok buncis di pasar ini terlihat masih cukup untuk menampung permintaan pembeli. Selain permintaan yang tinggi, menurutnya, lonjakan harga buncis karena agen menaikan harga.

Buncis diburu pembeli karena menjadi bahan utama membuat tauco dan lodeh sayur ketupat. Naiknya harga buncis juga diikuti dengan merangkaknya harga daging sapi segar.

Saat ini, penjual daging di Pasar Raya Padang dan outlet pinggir jalan dibanjiri pembeli. Tradisi 'marandang' (membuat rendang daging) membuat harga komoditas ini merangkak naik. Per kilonya, harga daging sapi segar diperjualbelikan Rp75.000 hingga Rp80.000.

Naik dari harga daging sapi segar pada hari biasa yang hanya diperdagangkan mulai dari Rp68.000 hingga Rp70.000 per kilonya. Sedangkan harga ayam potong masih terbilang normal yakni Rp31.000 per ekor dengan berat sekitar 1,2 kg.

Sementara itu, harga cabai merah yang sempat menembus harga tertinggi Rp60.000 per kg sebelum Ramadhan, saat ini terbilang normal. Cabai merah diperjualbelikan Rp20.000 per kg naik tipis saat sebelum puasa yang harganya jatuh hingga Rp11.000 per kg.

Harga bawang merah juga diperdagangkan dikisaran Rp14.000 hingga Rp15.000 per kg-nya. Harga bawang merah ini bertahan sejak mengalami kenaikan harga pada awal Ramadhan lalu. Sedangkan tomat mengalami penurunan harga dibanding saat awal-awal puasa.

Saat ini, tomat diperdagangkan Rp5.000 per kg-nya yang pada saat awal puasa sempat menyentuh level Rp10.000 per kg. Pembeli yang ditemui VIVAnews di Pasar Alai mengaku, lonjakan harga ini masih terhitung normal.

"Ini masih normalah. Hanya buncis yang harganya melambung sekali," ujar Silfia (32) ibu rumah tangga. Menurutnya, lonjakan harga buncis ini selalu terjadi menjelang Idul Fitri.

Laporan Eri Naldi|Padang

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Nikita Mirzani bercerita mendapatkan kekerasan baik secara fisik maupun mental dari sang mantan kekasih.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024