NASIONAL

Arus Mudik Melonjak, Antrean Panjang di Merak

Semua kendaraan dari gerbang tol Gerem dan Cilegon di arahkan ke jalur Cikuasa Atas.

ddd
Minggu, 28 Agustus 2011, 19:05
Arus Mudik di Pelabuhan Merak
Arus Mudik di Pelabuhan Merak (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Arus lalu lintas mudik Lebaran di Pelabuhan Penyeberangan Merak mengalami antrean panjang di jalur Cikuasa Atas, Merak. Ribuan kendaraan masih menunggu masuk parkiran di kapal fery.

"Sekarang kendaraan pemudik harus antre panjang, padahal dulu tidak pernah separah ini," ujar Kusnadi asal Bekasi yang akan mudik ke Lubuklinggau, Minggu, 28 Agustus 2011, yang sudah terjebak selama sembilan jam di jalur Cikuasa Atas.

Dalam arus mudik tahun ini, semua kendaraan pemudik dari gerbang tol Gerem dan Cilegon di arahkan ke jalur Cikuasa Atas. Sementara jalur Merak-Cilegon digunakan untuk jalur keluar kendaraan dari arah pelabuhan.

Kasubdit Angkutan, Direktorat Bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Penyeberangan (LLASDP), Kementerian Perhubungan, Rasman Ginting menjelaskan, tingginya peningkatan volume kendaraan karena perlu dilakukan penyesuaian kondisi pelabuhan.

"Kondisi infrastruktur dan sarana di Pelabuhan Merak masih terus dilakukan evaluasi," kata dia.

Rasman menambahkan, Kementerian Perhubungan akan membahas persoalan ini dengan PT ASDP Indonesia Ferry, PT KAI dan pemerintah daerah setempat untuk menjadikan Merak kawasan pelabuhan penyeberangan terpadu.   

Dari data PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak terjadi peningkatan 168 persen pada H-3 tahun ini dibanding 2010. Pada H-3 tahun ini jumlah kendaraan terangkut sebanyak 23.449 kendaraan, sementara pada hari sama tahun lalu tercatat 13.977 kendaraan.

Peningkatan juga terlihat dari jumlah penumpang angkutan umum. Dari data pada H-3 tahun lalu mencapai 74.195 orang, dan H-3 tahun ini mencapai 111.782 orang, atau terjadi peningkatan 151 persen.

Sementara dari data polisi, jumlah pemudik memakai kendaraan umum meningkat 47 persen dibandingkan tahun lalu. "Pada H-3 tahun lalu peningkatan sekitar 44 persen, kalau sekarang sudah mencapai 47 persen" kata AKP Andi Baisur Rahman kepada VIVAnews.com.

Polisi memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi hari ini dan besok. Pemantuan para pemudik akan dilakukan hingga lebaran. Ada 95 ribu personel dikerahkan utuk melakukan pengamanan.

Laporan Saputra|Banten



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id