NASIONAL

Malam Ini Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak

Sebelumnya, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-2.
Sabtu, 27 Agustus 2011
Oleh : Aries Setiawan
Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat

VIVAnews - Malam ini, Sabtu 27 Agustus 2011, diperkirakan bakal menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten.

Sebelumnya PT ASDP Indonesia Ferry memperkirakan pucak arus mudik akan terjadi pada H-2. Namun, dilihat dari situasi kedatangan penumpang dan kendaraan di pelabuhan sejak pagi hingga sore ini terus mengalami peningkatan.

Tingginya kedatangan kendaraan pemudik tujuan Sumatera melalui pelabuhan tersibuk di Indonesia itu menyebabkan areal parkir di dalam pelabuhan dipadati kendaraan.

Ribuan kendaraan sejak Jumat 26 Agustus 2011, kemarin hingga sekarang terpaksa harus antri di jalan Cikuasa Atas yang jaraknya sekitar 2 km dari gerbang Pelabuhan Merak. 

"Kami prediksi puncak arus mudik malam ini. Dilihat dari angka-angka dan situasi saat ini semakin meningkat pada hari ini dan akan berlanjut sampai nanti malam," jelas Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Merak, La Mane, Sabtu 27 Agustus 2011.

La Mane mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan, sebanyak 40 kapal yang ada saat ini disiagakan dengan pola 30 hingga 31 kapal beroperasi sisanya stand by.

Selain itu juga, sebagai pengelola pelabuhan akan meningkatkan trip kapal dari 101 trip/hari menjadi 108 trip.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, antrean semakin bertambah panjang dengan kedatangan kendaraan dari arah Timur yang keluar dari pintu gerbang Gerem .

"Saya sejak dari jam 07.00 pagi tadi masih berada dalam antrian, hingga sekarang jam 14.30 belum keluar juga," ujar Tris asal Tangerang yang akan mudik ke kampung halamannya di Palembang.

Tiap lebaran, Tris bersama keluarganya selalu mudik melalui Pelabuhan Merak. Meski tahun lalu juga lalu lintas padat, Tris mengaku, tidak separah tahun ini yang harus menunggu hingga tujuh jam lebih di jalan Cikuasa. (eh)

Laporan: Saputra | Banten

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found