H-4 Lebaran, 282 Penerbangan Delay di Soetta

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews -- Ratusan pesawat mengalamai penundaan penerbangan atau delay di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat 26 Agustus 2011 atau empat hari (H-4) sebelum lebaran. Hingga pukul 14.00 WIB, total pesawat yang delay berjumlah 282 penerbangan, baik untuk rute domestik maupun internasional.

"Waktu delay pesawat tersebut rata-rata di bawah satu jam," kata Ketua Posko Lebaran Terminal Bandara I Soekarno-Hatta, Jaya Tahoma Sirait.

Di antara pembarangkatan domestik yang mengalami delay adalah rute Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Denpasar, serta sejumlah rute lainnya.

Menurut Jaya, banyak faktor yang menyebabkan pesawat delay. Di antaranya kepadatan trafick pesawat sehingga mengantri, kesiapan armada, persiapan personil, juga faktor cuaca. "Bisa juga faktor penumpang itu sendiri," katanya.

Suasana mudik di bandara Soekarno hatta pada H-4 hari ini sudah mulai nampak dipadati penumpang. Pantaun VIVAnews.com di terminal 1 keberangkatan sudah mulai nampak tumpukan penumpang yang hendak mudik.

Sampai saat berita ini diturunkan, operator Bandara Soetta telah memberlakukan ekstra penerbangan, diantaranya 5 penerbangan domestik dan 10 penerbangan internasional.

Sementara itu, jumlah penumpang sampai kini telah mencapai 58.965 penumpang. Diprediksi puncak arus mudik yang melalui Bandara Soekarno Hatta sendiri, akan terjadi besok pada H-3. (eh)

Laporan: Muhammad Iyus l Tangerang

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024