Waspadai Titik Rawan di Lintas Sumatera

Puncak Arus Mudik Merak
Sumber :
  • Antara/Asep Fathulrahman

VIVAnews - Sejumlah titik jalur mudik di sejumlah jalur di Sumatera perlu mendapat perhatian bagi pemudik yang memafaatkan jalur darat.

Pemudik yang hendak mudik dari Pulau Jawa menuju ke sejumlah daerah di Sumbar, Sumsel, Jambi seperti Solok, Dharmasraya, sebaiknya memanfaatkan jalur Lintas Sumatera tengah.

Selain jumlah stasiun pengasian bahan bakar (SPBU) mudah ditemukan, kondisi jalan pun terbilang mulus.

Pantauan VIVAnews dari Bakauheni, Lampung hingga Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Rabu, 24 Agustus 2011, kondisi jalan ini cukup baik. Sehingga siap untuk dilalui pemudik. Hanya beberapa titik terlihat dalam perbaikan. Tapi, secara keseluruhan kondisi jalan lintas tengah jauh lebih baik.

Beberapa titik yang mengalami kerusakan cukup parah yakni, jalur lingkar Tanjung Karang melewati luar kota Bandar Lampung dan sejumlah titik menjelang Lahat dan Tebing Tinggi, Sumsel.

Untuk jalur Lahat menuju Tebing Tingi yang cukup melelahkan ini, kondisi jalan mulus tapi sedikit mengecil. Bagi pemudik disarankan untuk tidak melaluinya pada malam hari, karena jalur ini terkenal dengan kasus kriminalnya.

Jika ingin melewatinya saat malam, sebaiknya dilakukan secara rombongan lebih dari dua mobil. Secara geografis, jalur ini dipenuhi hutan dan rumah penduduk agak jarang. Sebuah spanduk cukup besar dipasang kepolisian setempat untuk mengingatkan pemudik waspada terhadap kasus pencurian dengan kekerasan.

Jalur ini juga dipenuhi tikungan tajam yang membutuhkan konsentrasi penuh saat melintas di sana. Yang pasti, kondisi jalan yang melewati banyak hutan mendukung untuk berkembangnya kasus tindak pidana.

Kerusakan sejumlah titik pada jalur ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Secara keselurahan, jalur ini aman dan cukup nyaman dilalui pada siang hari.

Menurut Rita, pedagang di jalan lintas Lubuk Linggau, selain Tebing Tinggi, jalur Rupit, menjelang Sarolangun Jambi, juga dikenal rawan. "Waspadai jalur Tebing Tinggi dan Rupit, karena rawan kriminal," katanya mengingatkan.

Warga Depok Jangan Panic Buying, Pemkot Jamin Persediaan Bahan Pokok Aman

Laporan Eri Naldi | Padang

Ilustrasi dunia kerja.

Gen Z, Siap Hadapi Dunia Kerja? Ini Tips Kelola Keuangan Agar Tak Terlilit Utang

Generasi Z yang mulai memasuki dunia kerja biasanya memiliki sedikit pengalaman dalam merencanakan keuangan mereka. Untuk itu, kamu bisa coba tips keuangan berikut ini.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024