Tiga Jurus Pelabuhan Merak Atasi Puncak Mudik

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan jumlah pemudik di Pelabuhan penyeberangan Merak dan Bakauheni pada arus mudik Lebaran 2011 bakal mengalami kenaikan 5 persen dibandingkan tahun lalu.

Kenaikan cukup signifikan terjadi pada angkutan sepeda motor sekitar 11 persen dan kendaraan pribadi yang mencapai 14 persen.

“Setiap tahun jumlah pengguna jasa penyeberangan mengalami kenaikan yang cukup besar, terutama pada hari-hari besar dan libur nasional. Khusus untuk hari raya Lebaran, kenaikan tersebut akan sangat signifikan jika dibandingkan dengan hari biasa,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Christine Hutabarat, Minggu, 21 Agustus 2011.

Menurut Christine,  arus mudik kendaraan diperkirakan mencapai 50 persen jika dibandingkan kondisi pengangkutan pada hari biasa. Sementara pada puncak arus mudik, kenaikan jumlah pemudik mencapai 9 persen.

ASDP memperkirakan puncak arus mudik Lebaran di Pelabuhan Penyeberangan Merak bakal terjadi terjadi pada H-3. Kala itu, jumlah penumpang diperkirakan mencapai 115.311 orang.

Sementara untuk jumlah kendaraan pemudik, ASDP menaksir kendaraan sepeda motor yang bakal menggunakan angkutan di pelabuhan tersibuk di Indonesia ini mencapai 21.902 unit per hari. Untuk kendaraan kendaraan pribadi diperkirakan mencapai 10.968 unit per hari.

Untuk mengatasai kepadatan baik kendaraan maupun pemudik di pelabuhan selama 24 jam, pengelola pelabuhan Merak-Bakaheni mengaku telah menyiapkan sejumlah pola  yaitu pola operasi normal, pola operasi padat, dan sangat padat sesuai dengan kondisi arus mudik.

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

ASDP juga telah mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana seperti  mobil ambulans, pemadam kebakaran, genset, tug boat, rubber boat, mobil derek, dan kamera pangawas (CCTV).

Christine menambahkan, pada arus mudik Lebaran 2011 ini, para pemudik diingatkan untuk mengisi data pribadi. ”Kami berharap, semua dalam keadaan baik dan arus mudik maupun arus balik berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan yang berarti. Dan kami ingatkan kembali pemudik untuk menyiapkan data pribadi sebagai data penting untuk menyeberang melalui kapal ferry,” ujar Christine. (Laporan: Saputra | Banten) (adi)

Justin Hubner

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Justin Hubner dapat membela Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dia mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka pada Rabu 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024