151 Lokomotif Siap Bantu Arus Mudik dan Balik

Arus Balik H+3 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan 151 lokomotif yang siap dioperasikan saat arus mudik-balik Lebaran mendatang.

Yahya Oembara, anggota dewan komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengatakan, dengan kesiapan itu diharapkan seluruh penumpang kereta api akan terangkut.

"Dari jumlah itu ada 8 lokomotif yang overhaule (sedang dalam perbaikan) yang ditargetkan selesai tanggal 23 Agustus. Namun, tanggal 20 sudah selesai," kata Yahya di Yogyakarta, 20 Agustus 2011.

Menurutnya, dengan selesainya perbaikan lokomotif tersebut, saat ini PT KAI mempunyai 151 yang siap operasi. Namun, 11 lokomotif disiapkan untuk cadangan. "Saat ini 140 yang dioperasikan," ujar Yahya.

Lebih lanjut Yahya menambahkan, apabila seluruh pekerjaan perbaikan
lokomotif di Balai Yasa, Yogyakarta sudah selesai dan kereta sudah berjalan, maka tenaga ahli yang ada akan diperbantukan di depo-depo yang ada di Pulau Jawa. Ini untuk membantu perawatan lokomotif selama masa angkutan lebaran.

Yahya mengakui, tahun ini pihak PT KAI mengeluarkan kebijakan pengurangan jumlah penumpang kereta sebanyak 5 persen. Namun, semua itu, dilakukan demi meningkatkan pelayanan penumpang kereta api.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

"Meski sarana kereta dan jumlah penumpang berkurang, semua ini demi keselamatan penumpang dan pelayanan. Sehingga semua penumpang yang terangkut merasa nyaman dan aman," ucapnya. Laporan: Juna Sanbawa | DIY (adi)

Irak U-23 vs Vietnam U-23

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki

Empat tim sudah memastikan tempat di semifinal Piala Asia U-23 2024. Vietnam U-23 harus angkat kaki dari Qatar karena langkahnya dihentikan Irak U-23 pada babak 8 besar.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024