HUT Kemerdekaan

Di Bali, Turis Ramai-ramai Nonton Upacara 17

HUT 64 Republik Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Ada yang menarik dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-66 tahun ini. Di Bali, sejumlah wisatawan asing melakukan wisata kemerdekaan HUT RI yang dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon, Denpasar.

Upacara yang dipimpin Gubernur Made Mangku Pastika itu menarik wisatawan untuk menyaksikan langsung prosesi pengibaran bendera Merah Putih. Sebut saja misalnya Sandra.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Wisatawan asal Australia ini rela berpanas-panasan hanya untuk menyaksikan prosesi yang digelar setiap tanggal 17 Agustus tersebut. Sandra mengaku tertarik melihat lebih dekat Sang Saka Merah Putih dikibarkan.

"Ini liburan pertama saya di Bali. Beruntung saya dapat menyaksikan langsung upacara kemerdekaan Indonesia. Saya tertarik melihat bagaimana prosesi perayaan kemerdekaan digelar oleh rakyat Indonesia," katanya, Rabu 17 Agustus 2011.

Soal kesan upacara kemerdekaan, Sandra mengaku tak ada yang membedakan dengan perayaan di negaranya. Hanya saja, katanya, tak begitu meriah seperti di Indonesia. "Di Australia dirayakan dengan sederhana. Di sini, perayaan kemerdekaan begitu meriah, melibatkan hampir seluruh komponen," tuturnya.

Senada dengan Sandra, Cristhen yang juga asal Australia mengatakan prosesi perayaan kemerdekaan hampir sama seperti di negaranya. Hanya saja di Autralia, perayaan kemerdekaan tak melibatkan personil militer.

"Kami tidak melibatkan personil militer. Kalaupun terlibat, tidak dalam jumlah besar seperti di Indonesia," terangnya. "Dalam merayakan kemerdekaan, biasanya kami hanya pesta berbeque bersama keluarga di rumah," tambahnya.

Tak hanya Sandra dan Cristhen yang menyaksikan langsung perayaan kemerdekaan di Bali. Sejumlah wisatawan mancanegara juga menikmati prosesi yang penuh khidmat itu. Umumnya, mereka yang langsung ingin melihat lebih dekat bagaimana rakyat Indonesia merayakan kemerdekaannya.

(Laporan: Bobby Andalan, Bali)

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024