NASIONAL

tvOne: Disumbang Rp1,2 M, Darsem Harus Amanah

Sumbangan pemirsa tvOne diharapkan untuk membangun keluarga.

ddd
Jum'at, 5 Agustus 2011, 19:36
Darsem
Darsem (VIVAnews/Nurcholis ANhari Lubis)

VIVAnews - Manajemen stasiun televisi tvOne berharap Darsem menggunakan sumbangan pemirsa sebesar Rp1,2 miliar untuk membangun masa depan keluarganya, setelah lolos dari hukuman pancung di Arab Saudi.

"Prinsipnya kami berharap sumbangan permirsa untuk Darsem itu betul-betul digunakan sesuai amanah, untuk membangun masa depan rumah tangga Ibu Darsem," kata GM News and Sports tvOne Totok Suryanto kepada VIVAnews.com, Jumat 5 Agustus 2011. "Kami harap digunakan secara bijak, tidak digunakan untuk yang berlebihan, tidak untuk foya-foya."

Totok mengatakan, uang sumbangan itu digalang dari pemirsa tvOne untuk membayar denda Darsem akibat tuduhan pembunuhan di Arab Saudi. Uang itu mulanya akan digabungkan dengan dana pemerintah untuk menebus denda yang besarnya Rp4,7 miliar.  "Namun setelah kami coba tidak bisa. Kami sudah berbicara dengan Menlu, denda akan dibayar sepenuhnya menggunakan dana dari pemerintah," kata Totok.

Karena uang tidak jadi digunakan untuk membayar denda, kemudian tvOne memutuskan untuk memberikannya kepada Darsem. "Karena uang itu memang menjadi hak Ibu Darsem. Jadi kami harus memberikannya," kata Totok.

Totok mengatakan, tvOne tidak bisa memberikan uang itu dalam bentuk barang. "Kami tidak boleh memberikan dalam bentuk lain, karena belum tentu yang bersangkutan setuju dan memerlukannya. Makanya kita minta buka rekening dan kita kirim uang bantuan pemirsa itu," kata dia.

Dia menambahkan, TVOne tak bisa melarang dan mengatur Darsem dalam penggunaan uang tersebut. "Uang itu sudah menjadi kewenangan Ibu Darsem. Kita tidak berhak lagi," kata dia.

Ayah Darsem kepada VIVAnews.com menjelaskan bahwa sebagaian besar uang sumbangan itu masih disimpan di Bank Rakyat Indonesia(BRI) Cabang Pamanukan. Darsem, kata sang ayah, juga menyumbang fakir miskin dan kaum jompo.( baca: Tuduhan Pengacara dan Jawaban Ayah Darsem)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Heri Gunawan
10/08/2011
Kayaknya mas Totok lupa bahwa tujuan orang menyumbang krn urusan diyat yg sulit dari pemerintah (seperti yg digembar-gemborkan TVOne). Terlalu bodoh dgn uang sebesar itu diberikan lsg ke darsim, termasuk penyalahgunaan dana...
Balas   • Laporkan
piko farad
09/08/2011
ada gak cerita gimana cara dia membunuh, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan selanjutnya jika ada kasus serupa, layak atau tidak dibantu.
Balas   • Laporkan
weldiyan
09/08/2011
mendingan sisa uang yang blom diambil ,disita negara dan di gunakan untuk membiayai TKI lain yang mash bermaslah krn dia kan udah dibebaskan oleh negara
Balas   • Laporkan
abu
08/08/2011
Menolong orang yang telah berlaku zholim maka sampai kapanpun akan menghasilkan sesuatu yang zholim....... seandainya uang tersebut buat anak yatim saja Rp.1 juta/orang maka TVONE akan mendapatkan pahala sebanyak 1200 naka yatim.....
Balas   • Laporkan
Ilham Khaliq
07/08/2011
Bang Karni selaku pemred Tv One, harus ber-tg jwb dunia akhirat kpd penyumbang, atas pemberian dana Rp.1,2M kpd Darsem. Krn uang tsb terkumpul dgn TUJUAN KHUSUS utk pembayaran diyat hukuman pancung Darsem. Utk Jelasnya silahkan meminta fatwa MUI
Balas   • Laporkan
wisnhu
07/08/2011
wah.. moderatornya ngga masukkin komentar ane mentang2 satu grup sm tvone. parah.. media harus netral choy!!! TUNTUT TVONE!!!! AMANAH SUMBANGANNYA ADALAH UNTUK DIYAT, BUKAN UTK PRIBADI! ORANG MISKIN JG BNYK YG NYUMBANG COY!!! TVONE JGN MEMBENARKAN DIRI!!
Balas   • Laporkan
winz90
07/08/2011
uang itu hrusnya hak ruyati bukannya wat darsem pembokat yg gak tw diri.di kasih amanah uangnya dibagi sama keluarga ruyati antara 200-500 jt oleh pemerintah malah keluarga ruyati hanya dikasih 20jt.DARSEM GAK PANTAS HIDUP!,memalukan!!!
Balas   • Laporkan
br4m
07/08/2011
pusing lah, g tahu mana yang benar. Yang jelas kedepannya kita harus lebih bijak dalam memberikan bantuan. Harusnya tv one konfirmasi dulu dengan kemenlu sebelum membuka rekening bantuan, sehingga akhirnya semuanya jelas,tidak mubadzir.
Balas   • Laporkan
bls1
07/08/2011
tvone kurang adil,dengan memberikan uang itu kepada darsem untuk kekayaan pribadinya.Itukan amanah permirsa,tapi tidak bisa dijalani dengan baik.Lebih baik uang itu disimpan untuk hal yg bermanfaat lainnya.nggak buat apa-apa,bisa dapat 1 m.Haancur!
Balas   • Laporkan
purbathe13
06/08/2011
TV One harus bertanggung jawab atas amanah rakyat, udah tau dananya ngak bisa di setor, knapa jadi di sumbangkan untuk kekayaan pribadi, seharusnya kan itu untuk pembebasan...sekarang ya wajar org mendadak kaya beli apa2 yg dia mau, khan dah jadi hak dia.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com