Sidney Jones Puji Penanganan Teroris RI

Sidney Jones
Sumber :
  • ANTARA/ Puspa Perwitasari

VIVAnews – Pengamat terorisme internasional, Sidney Jones, mengakui bahwa Indonesia relatif berhasil dalam menangani terorisme. Menurutnya, keberhasilan Indonesia bahkan mungkin lebih baik dibanding negara lain.

“Ini harus dipuji dan Indonesia harus bangga. Saya kira tidak ada alasan kuat untuk mengubah UU tentang terorisme,” ujar Sidney dalam seminar Penanggulangan Terorisme di Lemhanas, Jakarta, Rabu 3 Agustus 2011.

Keberhasilan Indonesia menanggulangi terorisme, kata Sidney, bisa dilihat dari aspek Hak Azasi Manusia maupun aspek keamanan. Ia berpendapat, Indonesia mampu mengatasi dan mengantisipasi terjadinya aksi terorisme yang lebih dahsyat.

Buktinya, papar Sidney, dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada aksi terorisme yang  hebat dan besar di Indonesia dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Sidney juga mengapresiasi bagaimana cara Indonesia menangani pelaku tindak pidana terorisme.

“Kita lihat, di Indonesia orang-orang yang ditangkap sebagai teroris dibawa ke pengadilan terbuka,” ujar Sidney. Pengadilan terbuka itu ia pandang memberi manfaat nyata, yakni meningkatkan kesadaran publik tentang akar terorisme yang nyata di Indonesia. Padahal, imbuh Sidney, awalnya banyak orang melihat terorisme merupakan rekayasa intelijen.

“Jadi melalui sidang terbuka, masyarakat menjadi yakin bahwa memang ada persoalan,” kata Sidney. Meski demikian, ujarnya, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki soal penanggulangan terorisme di Indonesia, yakni dengan mengubah sistem penegakan hukum terkait orang yang tidak terlibat langsung dalam aksi terorisme. (umi)

Cerita Ajudan soal Pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Firli Bahuri di Villa Galaxy Bekasi
Lidah Kucing.

5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Pemiliknya

Seringkali, pemilik kucing merasa bingung ketika kucing mereka tiba-tiba mulai menggigit tangan. Mengapa kucing melakukan ini? Apakah ini tanda kasih sayang atau bukan?

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024