Lagi, Jenazah TKI Tiba di Bandara

TKW terlantar di Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA/SAPTONO

VIVAnews - Jenazah Ernawati binti Sujono, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Ngeseng, Karang Rowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tiba di kargo Rush Handling (RH) Jasa Angkasa Service (JAS), gudang 530, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Ernawati meninggal di Arab Saudi saat bekerja menjadi pembantu rumah tangga. Sebelumnya, keluarga sudah menerima hasil otopsi dari pemerintah Arab Saudi yang menyatakan Ernawati meninggal karena minum racun serangga.

"Kami, keluarga, melihat banyak keganjilan pada kematian Erna. Kami akan langsung otopsi ulang di RSCM," ujar Yenny Larasati, kakak kandung korban, kepada VIVAnews.com, Jumat, 29 Juli 2011.

Menurut Yenny, keluarga tidak serta merta menerima alasan kematian yang diumumkan Pemerintah Arab Saudi. Keyakinan keluarga bukan tanpa alasan. Sebab, sebelum dikabarkan meninggal, Ernawati pernah menghubungi keluarga dan mengatakan dirinya disiksa majikannya di Ryad.

"Sebelumnya, dia pernah menelepon saya dan mengaku disiksa majikan. Dia juga mengaku sempat akan diperkosa oleh anak majikannya," tuturnya.

Kepulangan jenazah Ernawati sempat tertahan di ruang khusus RH, selama hampir tiga jam, sebelum akhirnya peti jenazah dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam mobil untuk diserahkan kepada pihak keluarga. Tidak ada serah terima jenazah dari pemerintah kepada keluarga di Bandara Soekarno-Hatta. (art)

Laporan: Muhammad Iyus| Tangerang

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024