Jadwal Garuda di Yogya dan Bali Terganggu

Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Aksi mogok yang dilakukan pilot Garuda di Jakarta juga memengaruhi sejumlah jadwal penerbangan Garuda di kota lain. Antara lain, jadwal penerbangan Garuda di Yogyakarta dan Bali.

Di Yogyakarta, penerbangan pesawat Garuda dari Yogyakarta menuju Balikpapan batal berangkat. Semua penumpang pesawat Garuda di Bandara Adisucipto terpaksa dialihkan ke maskapai lain.

Manajer Personalia dan Umum Bidang Humas PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisucipto Yogyakarta, Wayan Sutawijaya, dalam perbincangan dengan VIVAnews mengatakan, satu pesawat Garuda yang batal berangkat tersebut dari Makassar ke Yogyakarta yang lanjut ke Balikpapan.  "Seharusnya Garuda dari Makassar tiba di Yogya tadi pagi pukul 08.30 WIB dan berangkat menuju Balikpapan jam 09.00 WIB," ujar Wayan.

Dia menjelaskan, terdapat 70 penumpang yang terpaksa dipindahkan ke Airlines lain. "Penumpang Garuda dari Yogya tujuan Balikpapan itu dialihkan oleh maskapai Garuda ke airlines lain, yaitu Sriwijaya, Batavia dan Lion Air," kata Wayan.

Selain itu penumpang yang batal berangkat menggunakan penerbangan pesawat Garuda tujuan Balikpapan yang dialihkan menggunakan maskapai lain itu sebagian telah berangkat pukul 09.00 dan 10.00.

Walau demikian, penerbangan di Bandara Adisucipto berjalan normal.

Sedangkan di Bali, jadwal keberangkatan Garuda dari bandara Internasional Ngurah Rai mundur sekitar 30 menit dari jadwal normal. Selain itu jadwal kedatangan juga mundur sekitar 30 menit.

“Kemunduran jadwal tersebut terjadi terutama pesawat dengan rute asal Jakarta ke Denpasar. Namun kita menjamin jika hingga saat ini tidak terjadi antrean yang berarti karena semua penumpang bisa diterbangkan dengan lancar dan normal,” ujar petugas Administrasi Bandara Ngurah Rai, Muhadi, Kamis 28 Juli 2011.

Beberapa pesawat yang berdampak langsung salah satunya adalah pesawat GA-400. Pesawat yang menurut jadwal harus tiba dari Jakarta sekitar pukul 09.00 WITA akhirnya baru bisa mendarat sekitar pukul 09.33 WITA. Kemunduran ini membuat jadwal pesawat berikutnya terus mundur dari jadwal normal, walau tidak terjadi kemacetan yang berarti.

Sebaliknya, proses keberangkatan pesawat dari Bali ke Jakarta hingga siang ini berjalan normal. Pesawat GA 401 tujuan Denpasar-Jakarta berangkat pukul 06.19 WITA, GA 620 tujuan Denpasar-Ujung Pandang berangkat pukul 07.00 WITA, GA 251 tujuan Denpasar-Yogyakarta berangkat pukul 06.58 WITA dan GA 403 tujuan Denpasar-Jakarta berangkat pukul 07.32 WITA.

Seperti diberitakan sebelumnya, para pilot Garuda yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda mengancam mogok karena menilai manajemen tidak menggubris aspirasi mereka. Mereka mempersoalkan diskriminasi gaji antara pilot asing dan pilot domestik.

Namun, hampir dipastikan Bandara Ngurah Rai tidak akan mengalami kemacetan. Jadwal penerbangan Garuda dari dan berangkat di Bandara International Ngurah Rai sebanyak 68 penerbangan setiap hari baik domestik dan international. (Laporan: Erick Tanjung, Yogyakarta | Bobby Andalan, Bali, umi)

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri
Pendeta Gilbert Lumoindong

Pendeta Gilbert Akan Dilaporkan Lagi Jika Tak Sampaikan Permintaan Maaf Lewat Media

Ketua Umum PITI Ipong Hembing mengatakan pihaknya akan melaporkan pendeta Gilbert ke polisi jika tak sampaikan permintaan maaf ke media massa selama 3 hari berturut-turut

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024