Pidato Pelantikan Obama

Amerika Tetap Melawan Terorisme

VIVAnews -- Barack Obama mengatakan tantangan Amerika adalah nyata, dan krisis harus dihadapi dengan semangat. Dia juga menyampaikan penilaian serius posisi Amerika Serikat yang dibelit krisis, serta pandangan penuh harapan di masa depan, dalam pidato pelantikan sebagai Presiden ke-44 Amerika Serikat, Selasa siang (Rabu dini hari 00.30 WIB).

Apple Kirim Peringatan ke 92 Negara

Pidato tanpa teks itu disambut tepuk tangan meriah oleh ratusan ribu orang di depan National Mall, di depan Capitol Hill, Washington DC.
"Tantangan kita adalah nyata, tapi kita tahu ini Amerika, dan itu (harapan) semua pasti tercapai," ujarnya dengan suara tegas.

Dia akan mengakhiri sikap Washington yang selama ini menyimpang dan partisan. "Kami datang untuk menyatakan akhir dari janji yang ingkar, yang begitu lama bergelayut dalam politik kita," ujarnya. Tepuk tangan riuh bergema pada setiap bagian pidato Obama itu. Sekitar 2 juta orang memadati Washington DC menyaksikan acara pelantikan.

Dalam bagian lain pidatonya, Obama menyatakan akan menegakkan prinsip akuntabilitas bagi warga pembayar pajak. dollars. "Mereka yang mengatur duit publik akan terus diamati, untuk membelanjakannya secara bijak, memperbaiki kebiasaan buruk, dan berbisnis di tempat terang. Karena hanya demikian kita bisa memperbaiki kepercayaan antara rakyat dan pemerintah," ujar Obama.

Presiden baru Amerika itu juga memuji gerakan hak sipil. "Inilah arti kebebasan Amerika, kredo kita. Tentang mengapa laki dan perempuan dari segala ras dan keyakinan bisa hadir bersama di mal raya ini. Dan mengapa seorang pria, yang ayahnya pada 60 tahun lalu tak dilayani di restoran lokal, sekarang berdiri di depan anda mengucapkan sumpah," ujar Obama.

Sejumlah warga kulit hitam tampak terharu dengan ucapan Obama itu.

Memakai jas angkatan laut serta dasi merah, Obama mengucapkan sumpah dengan Injil yang digunakan Presiden Abraham Lincoln pada 1861.

Dalam pidatonya, Obama juga berjanji akan menarik pasukan dari Irak. Meskipun begitu, Amerika akan tetap tegas melawan semua bentuk terorisme.

KSPSI Siagakan Posko Mudik Lebaran 2024 Lewat Brigade Tanggap Bencana
PLTA Saguling yang dikelola PLN Indonesia Power.

Intip Keandalan Pembangkit Listrik EBT PLN Indonesia Power saat Lebaran 2024

PLN Indonesia Power (PLN IP) memastikan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Saguling sebagai salah satu pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) tetap andal saat Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024