VIDEO: Sepak Bola Api Menyambut Ramadan

Sepak bola api
Sumber :
  • ANTARA/Hasan Sakri Ghozali

VIVAnews - Banyak tradisi yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah tradisi permainan sepak bola api, yang dilakukan warga di Kebon Kelapa, Naglikaler, Purwakarta, Jawa Barat.

Uniknya, sepak bola api menggunakan kelapa sebagai bola. Berawal dengan merendam kelapa dengan minyak, seorang tokoh agama kemudian membacakan doa.

Tradisi baca doa sebelum permainan dimulai dilakukan untuk meminta keselamatan. Sehingga, kaki pemain tak dijilat api dan juga desa dijauhkan dari marabahaya.

Walau terlihat berbahaya, para pemain sepak bola api ini terlihat antusias. Dengan semangat, mereka berusaha membobolkan gawang lawan, tanpa ada perasaan takut menderita luka bakar.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Penasaran dengan permainan sepak bola api? Lihat videonya di tautan ini.

Dalam tradisi Islam di Indonesia, sepak bola api dipercaya dilakukan untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim. Saat itu, Nabi Ibrahim dibakar hidup-hidup atas perintah Raja Namrud, karena telah menghancurkan berhala. Namun, saat itu Nabi Ibrahim tidak terbakar. 

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Sejumlah pesantren pun biasanya memiliki ritual puasa, sebelum para pemain melakukan permainan ini. Biasanya, para santri menganggap permainan sepak bola api merupakan olah raga, secara fisik, juga spiritual.

Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024