Kampanye Bersepeda, Gowes Jawa-Bali

wanita bersepeda di Candi Plaosan Lor di Bugisan, Prambanan, Klaten
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Untuk mengkampanyekan bersepeda onthel ke kampus, sebanyak empat mahasiswa melakukan Tour Persahabatan Bike to Campus Jawa-Bali. Dengan kampanye tersebut, diharapkan jumlah mahasiswa yang menggunakan sepeda meningkat, sehingga jumlah polusi pun berkurang.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Apriyos, Leonnar Bartolomeus, Afif Isnanto dan Adera Kridhanto. Mereka berangkat dari Jakarta dengan bersepeda pada  pada tanggal 7 Juli lalu. Tour tersebut diperkirakan akan berakhir di Denpasar, Bali, pada tanggal 23 Juli mendatang.

Apriyos mengatakan, selain untuk menjalin silaturahmi dengan beberapa komunitas bike to work maupun bike to campus di regional Jawa-Bali. Kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan kepada para mahasiswa supaya bersepeda ke kampus.

“Pokoknya kita ingin mengajak teman-teman menggunakan sepeda karena kita ini bagian dari gerakan bike to campus,” kata dia kepada VIVAnews.com di Solo, Selasa 19 Juli 2011.

Dia mengatakan penggunaan sepeda untuk berangkat ke kampus masih sedikit. Sehingga dengan adanya kampanye ini para mahasiswa bisa meningkatkan penggunaan sepeda ke kampus.

“Dengan adanya gerakan bike to campus bisa mempercepat perluasannya. Saat ini mahasiswa sudah banyak bersepeda ke kampus, seperti di Bogor, Bandung, Semarang dan Yogyakarta. Kita mengharapkan kota lainnya juga seperti itu,” harapnya.

Dengan semakin meningkatnya mahasiswa yang bersepeda ke kampus, ujarnya, secara tidak langsung bisa mengurangi jumlah polusi udara dari asap kendaraan bermotor. “Dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor bisa mengurangi polusi udara. Dengan begitu, bisa memberikan inspirasi kepada orang lain supaya bersepeda,” paparnya.(Laporan: Fajar Sodiq | Solo) (adi)

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah
Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024