VIDEO: Lokon Meletus Dahsyat, Warga Panik

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus pada pukul 10.34 Wita, Minggu 17 Juli 2011. Gunung yang beberapa minggu belakangan itu kembali menyemburkan material panas. Bahkan, dalam letusan siang ini, ketinggian semburan material pijar itu mencapai 3.500 meter dari mulut kawah.

Peristiwa itu membuat warga di dekat gunung ini menjadi panik. Mereka berhamburan keluar rumah, berlari menuju tempat pengungsian. Saat ini, zona bahaya ditetapkan 3,5 km dari kawasan Lokon.

Sebenarnya, aparat setempat telah mengimbau warga sekitar untuk mengungsi. Namun, sebagian warga yang khawatir terhadap keamanan harta benda, memilih pulang ke rumah masing-masig untuk menjaganya.

Akibat letusan itu, sekitar 5.000 orang lebih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Diperkirakan, aktivitas Lokon masih tinggi karena energi yang tersimpan diduga masih besar. Sewaktu-waktu Lokon bisa kembali meletus dan memuntahkan material pijar.

Lihat video letusan Lokon di sini.

Geopark Rinjani, Situ Wisata Unggul Pulau Lombok yang Diakui UNESCO
Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Jawa Timur, pada Minggu, 2 April 2023.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (material pijar).

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024