Isi Edaran Mendagri Soal Pencatutan Nama SBY

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kementerian Dalam Negeri telah membuat surat edaran yang menyebut tentang lembaga pencatut nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai alat untuk menipu dengan alasan perekrutan calon Pegawai Negeri Sipil.

Dalam surat edaran bertanggal 7 Juli 2011 tersebut, Kemendagri menyebut lembaga itu bernama Badan Sumber Daya Manusia Indonesia Pemerhati Pengembangan Ekonomi Daerah Republik Indonesia (BSDMI P2-ED).

"Badan Sumber Daya Manusia Indonesia Pemerhati Pengembangan Ekonomi Daerah Republik Indonesia (BSDMI P2-ED RI) belum terdaftar di Kementerian Dalam Negeri," demikian poin pertama yang tertulis dalam surat edaran tersebut.

Kemudian, surat edaran juga menjelaskan tentang pencatutan nama Presiden dan Menteri Sekretaris Negara. "Dalam struktur kepengurusan Pimpinan Pusat BSDMI P2ED RI mencantumkan Presiden DR Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi sebagai Dewan Pendiri," demikian poin kedua surat edaran tersebut.

Kemudian, Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik meminta setiap daerah untuk waspada. Daerah juga diminta untuk tidak menerima pendaftaran organisasi BSDMI P2 RI.

"Hingga pemberitahuan lanjut terkait dengan pencantuman Presiden Republik Indonesia dan Menteri Sekretaris Negara sebagai Dewan Pendiri," jelas isi surat edaran.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menegaskan, akan menindak tegas pencatutan nama presiden dan sejumlah menteri.

"Harus diberi tindakan hukum," kata Gamawan, di Kantor Presiden, Jumat 15 Juli 2011. "Apapun namanya, ada pembina atau tidak ada pembina," lanjutnya.

Gamawan menegaskan, hal ini merupakan tugas aparat penegak hukum untuk mengusut kasus tersebut. "Apakah ini ada kesalahan. Kalau melihat ini ada kesalahan, itu pelanggaran hukum," ungkapnya. (eh)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024