Sering Kecelakaan, Nama Bus Diubah

Terminal Purabaya di Surabaya.
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat

VIVAnews - Sering mengalami kecelakaan, nama PO Bus "Sumber Kencono" kerap dipelesetkan menjadi "Sumber Bencono" (Sumber Bencana). Kini, Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang memiliki rute jalur selatan Jawa jurusan Surabaya-Solo dan Surabaya-Yogyakarta itu diubah namanya menjadi "Sumber Selamat".

"Dari surat pemberitahuan pergantian nama yang masuk ke Dinas Perhubungan Provinsi Jatim dan Kota Surabaya, dua minggu lalu. Sebanyak 80 unit armada bus Sumber Kencono yang berubah nama," kata Ketua UPT Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, May Ronald, Jumat, 15 Juli 2011.

Perubahan nama itu kemudian diikuti perubahan di buku uji kir, kartu pengawasan serta kartu izin trayek. "Saya harap, bukan hanya namanya yang berubah, tetapi juga pada pelayanan penumpang, serta tata cara mengemudi di jalan raya," lanjut Ronald.

Data di Direktorat Lalu-Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, catatan kecelakaan tiga tahun terakhir diantaranya di Polres Sidoarjo,Mojokerto, Jombang, Ngawi, Nganjuk, dan Madiun, PO Sumber Kencono sering terlibat kecelakaan lalu lintas.

Tahun 2009 hingga September 2010, PO Sumber Kencono tercatat mengalami 51 kecelakaan dengan korban sebanyak 129 orang. Rinciannya, 36 korban meninggal dunia, 31 korban luka berat dan 59 korban luka ringan.

Dan, di tahun 2011, di Jalan Raya Madiun-Surabaya Km 133-134, tepatnya di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Madiun, Jatim kembali terjadi kecelakaan. Dalam peristiwa itu 10 orang meninggal dunia.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024