"Surat Berdarah" TKW Rosminah untuk Presiden

Surat Berdarah untuk Presiden
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews - Di tengah maraknya pemberitaan miris tentang nasib tenaga kerja Indonesia di luar negeri, Migrant Institute atau juga dikenal dengan 'Sahabat Pekerja Migran' hari ini menyerahkan dua buku pada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Judulnya, "Surat Berdarah Untuk Presiden" dan "Kepada Yth Presiden RI".

Dua buku tersebut berisi kumpulan surat dari para TKI yang bekerja di luar negeri. Salah satunya tentang Rosminah, tenaga kerja perempuan asal Kediri Jawa Timur. Ia tewas secara tragis, kabarnya dimangsa anjing peliharaan di rumah majikannya di kawasan Tai Po Hongkong, tahun 2008 silam.

"Karena Rosminah atau yang biasa dipanggil Minah ini sehari-hari dipekerjakan untuk merawat anjing. Tidurnya pun berdekatan dengan kandang anjing," kata Divisi Advokasi Migrant Institute Migrant Institute, Suprapti di Kantor Gubernur Jatim, Jumat, 1 Juli 2011.

Pengalaman tragis Minah lantas direkonstruksi lewat kumpulan surat-suratnya yang pernah dikirimkan ke sejumlah teman. Surat dari Rosminah kemudian dimuat dalam buku "Surat Berdarah untuk Presiden".

Dalam suratnya, Minah bercerita, sejak berada di Hong Kong ia tidak dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga, seperti yang dijanjikan semula. Dia ternyata diminta untuk mengurus anjing--memberinya makan, memandikan, serta membersihkan kandang. "Rutinitas itu harus dikerjakan setiap hari," kata Prapti.

Minah pernah mengeluh, masih kata Minah, dia tak pernah diberi makan dan istirahat layak. Hingga suatu malam, insiden tragis terjadi. Minah yang lupa mengunci pintu kandang diserang anjing buas peliharaan majikannya hingga tewas.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

"Wanita itu tidak berdaya, selain tidak pernah makan kenyang, tangannya yang selalu bau makanan anjing membuat anjing menerkamnya," urai Prapti yang juga pernah menjadi TKW di Hong Kong. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa Minah tak tertolong. Dia tewas dengan tubuh tercabik.

Soal tewasnya Rosminah itu, versi berbeda diberitakan media Hong Kong, Apple Daily. Disebutkan di situ, Rosminah meninggal karena bunuh diri dengan mengiris urat nadi di pergelangan tangannya di Kawasan Tai Po, Hongkong. Di tangan korban ditemukan surat yang kemudian dijadikan barang bukti oleh polisi setempat. Jasadnya dibawa ke Queen Elisabeth Hospital.

Migrant Institute berharap, buku kumpulan surat-surat itu akan diteruskan oleh Gubernur Jatim kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk melindungi nasib para TKI di negeri orang. (Laporan: Tudji Martudji, Surabaya | umi)

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024