Inggris Siap Bangun 8 Reaktor Nuklir

Reaktor Nuklir di AS
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah Inggris melanjutkan rencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Inggris telah mengonfirmasikan 8 nama-nama daerah yang akan menjadi tempat didirikannya reaktor masa depan tersebut.

Dalam pengumuman pertama seputar masa depan nuklir di Inggris, setelah bencana Fukushima yang terjadi di Jepang, pemerintah menegaskan bahwa lokasi-lokasi yang dipilih itu cocok untuk pembangkit listrik tenaga nuklir. Rencananya, pada tahun 2025 mendatang, pembangkit listrik itu akan mendampingi PLTN yang saat ini beroperasi.

Kedelapan pembangkit listrik itu akan didirikan di Bradwell - Essex, Hartlepool, Heysham - Lancashire, Hinkley Point - Somerset, Oldbury - South Gloucestershire, Sellafield - Cumbria, Sizewell - Suffolk, dan Wylfa -Anglesey.

Rencana pembangunan tersebut merupakan bagian dari kebijakan nasional seputar energi yang baru dicetuskan. Rencana ini masih akan diperdebatkan dan diputuskan lewat voting di parlemen. Namun para menteri terkait berharap kalangan pro nuklir akan memenangkan suara.

Dikutip dari Independent, 26 Juni 2011, pemerintah berencana menggunakan reaktor generasi terbaru untuk menjaga pasokan listrik dan memangkas emisi gas buang setelah pembangkit listrik generasi lama ditutup.

Masa depan nuklir sebagai sumber energi bagi negara-negara di seluruh dunia kini menjadi pertanyaan setelah bencana gempa bumi dan tsunami menghantam reaktor-reaktor nuklir di Fukushima serta mengakibatkan kebocoran radiasi radioaktif dari pembangkit listrik tersebut.

Pekan sebelumnya, pemerintah Inggris memberi isyarat bahwa rencana pembangunan reaktor nuklir di Inggris tidak berubah setelah muncul laporan awal dari para pengamat dan pakar nuklir bahwa Inggris tidak perlu membatasi nuklir setelah melihat situasi yang terjadi di Jepang.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok sejumlah preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada bela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024