Greenpeace: Sudah Tepat, RI Tolak PLTN

Presiden SBY
Sumber :
  • R Rekotomo

VIVAnews - Greenpeace Asia Tenggara menyambut positif pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jepang pada pekan lalu. Di Jepang, Presiden menyampaikan, Indonesia tidak akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) selama masih ada sumber energi lain.

“Presiden Yudhoyono telah berada dalam jalur yang tepat saat mengatakan akan memilih sumber listrik selain PLTN," kata Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara, Arif Fiyanto, secara tertulis ke VIVAnews.com, Rabu 22 Juni 2011.

Menurut Greenpeace, bahaya PLTN tidak perlu diperdebatkan lagi, dan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat dari sumber energi terbarukan. Presiden SBY sendiri harus memutuskan untuk mengakhiri semua promosi PLTN di Indonesia.

"Ini harus menjadi sinyal bagi pemerintahannya untuk secara tegas mencoret rencana pembangunan PLTN di Indonesia dan segera beralih kepada pembangunan sumber-sumber energi terbarukan seperti geothermal, tenaga surya dan angin," kata Arif.
 
“Pernyataan SBY ini muncul di tengah upaya agresif dan memalukan beberapa badan pemerintah Indonesia yang terus menerus mempromosikan pembangunan PLTN, di mana ironisnya, negara-negara pengguna seperti Jepang, Jerman dan Swiss telah memutuskan untuk menghentikan PLTN. Di Asia Tenggara, pemerintah Thailand dan Filipina juga telah menyatakan bahwa PLTN bukan jawaban yang benar dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakatnya."
 
Arif menyatakan, di Jepang, SBY juga menyatakan mendapat pelajaran dari bencana nuklir Fukushima. Indonesia harus benar-benar bangkit dan belajar dari mimpi buruk nuklir Jepang ini. Greenpeace percaya SBY akan menunjukkan visi nyata dan keberanian untuk meninggalkan semua rencana PLTN dan menghentikan promosi pendukung nuklir.

"Jika kita terus terjebak dalam ilusi berbahaya PLTN dan kecanduan akan energi batubara kotor, kita tidak hanya mempertaruhkan masa depan Indonesia, tetapi juga membuang-buang waktu dan uang.  Masa depan Indonesia dengan sumber energi bersih terbarukan sudah ada di tangan kita; kita hanya butuh keberanian untuk mewujudkan visi ini menjadi aksi nyata,” Arif menyimpulkan.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024