Situs Pemerintah Diserang Jutaan Kali

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews -- Tiga hari lalu situs resmi Kepolisian Negara Republik Indonesia dimasuki hacker. Namun, menurut Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, peretas belum masuk ke dalam situs.

"Itu kan cuma wallpaper diretas," kata Tifatul, di Kantor Presiden, Kamis 19 Mei 2011.

Pembobolan, menurut Tifatul merupakan hal biasa di dunia cyber. "Jangankan kita. Pentagon juga diretas," kata dia

Pembobolan situs milik pemerintah domain go.id  juga bukan kali pertama terjadi. Sudah sering. "Hitungan kita lebih dari tiga juta kali lho," ujar mantan Presiden PKS itu.

Untuk mengantisipasi para peretas, Kemenkominfo telah memasang tim di setiap kementerian. Tugas mereka, mengawasi situs milik pemerintah.

Pada Senin 16 Mei 2011, situs resmi Kepolisian Negara Republik Indonesia,  www.polri.go.id, dibobol hacker. Ketika mengakses situs  tersebut, pengunjung akan menemui kegagalan, alamat web tersebut tak bisa di akses sama sekali.

Setelah itu, pengakses akan diarahkan ke alamat http://www.polri.go.id/backend/index.html.

Jika berhasil mengakses situs tersebut, akan muncul gambar dua orang sedang mengangkat bendera di atas sebuah bukit. Tampilan layar berwarna hitam dan tercantum tulisan jihad mengatasnamakan Islam.

Siapa yang membobol situs Polri itu? Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam mengatakan, polisi masih memburunya. "Untuk pelakunya kita harus lakukan penyelidikan yang memerlukan waktu, karena kami punya tim cyber crime jadi tugas mereka untuk menyelidiki, untuk mencari pelaku dan lain-lain," kata dia.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Situs Polri.go.id di-deface

Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024