Alasan DPR Naikkan Remunerasi Jaksa Rp600 M

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Didiek Darmanto
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui kenaikan nilai remunerasi Kejaksaan dan pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Alasannya, faktor kesejahteraan mempengaruhi kinerja.

Total, tunjangan kinerja itu mencapai Rp1,688 triliun untuk 65.278 pegawai kedua lembaga itu. Kejaksaan Agung mendapatkan anggaran Rp609 miliar, sementara Kementerian Hukum dan HAM mendapat Rp1,078 triliun.

"Info yang saya dapat dari pimpinan DPR, belum diteken. Tapi Komisi III setuju," kata Nasir Djamil, anggota Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2011.

Pemberian tunjangan kinerja di kejaksaan ini, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera itu, untuk menguatkan dan merealisasikan reformasi di Kejaksaan Agung. "Selama ini faktor kesejahteraan menjadi hal yang sering dikeluhkan. Dan realitasnya memang demikian," katanya.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

"Selain mental aparat jaksa yang masih bobrok. Jaksa-jaksa di daerah sering kami dapatkan, terutama yang bertugas di daerah kepulauan, di tengah bulan gaji mereka sudah habis. Di samping itu, renumerasi juga dimaksud untuk menguatkan kerja-kerja kejaksaan secara kelembagaan."

Untuk Kementerian Hukum, peningkatan remunerasi juga dirasa mendesak karena beban kerja mereka yang dinilai berat. Kementerian ini mengurus imigrasi, lembaga pemasyarakatan, perundang-undangan, hak atas kekayaan intelektual, dan lainnya.

"Kalau sudah renumerasi diberikan tapi masih bekerja jelek, maka ke depan bisa saja anggaran untuk masing-masing lembaga mitra Komisi III dipangkas," katanya.

Menteri Keuangan sendiri sudah menyetujui pemberian tunjangan kinerja sebagai bagian remunerasi pegawai Kementerian Hukum dan HAM dan Kejaksaan Agung. Pemberian tunjangan kinerja itu berlaku mulai 1 Januari 2011, yang akan dibayarkan secara rapel. (kd)

Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024