“Soal Potensi Gempa, Pemerintah Jangan Panik"

Suasana Gempa di Jakarta
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews – Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo menyatakan, pemerintah tak perlu panik menyikapi berbagai bencana alam yang ada di tanah air, termasuk potensi gempa di Ibukota Jakarta yang sempat dikemukakan oleh Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana.

“Pemerintah jangan memposisikan panik secara terbuka,” kata Tjahjo dalam pesan tertulisnya kepada VIVAnews, Kamis, 19 Mei 2011. Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan memang terikat dengan jalur patahan gempa. Jadi, ketimbang panik dan khawatir dengan berbagai potensi bencana alam di Indonesia, Tjahjo mengimbau pemerintah untuk segera mempersiapkan infrastruktur terpadu guna membangun jaringan deteksi dini (early warning system).

Jaringan deteksi dini itu, menurut Tjahjo, harus terkoneksi secara global dengan negara-negara lain. Ia pun menekankan, badan-badan penyelamatan bencana di setiap sudut tanah air harus disiagakan, sehingga bila terjadi bencana alam, mereka bisa segera diturunkan di lokasi bencana untuk memberi bantuan dan melakukan evakuasi terhadapa warga.

Perangkat antisipasi dan penanggulangan bencana itu, kata Tjahjo, harus dipersiapkan secara komprehensif. “Pemerintah pun harus rajin memberikan penyuluhan terencana kepada masyarakat tentang potensi gempa dan langkah darurat yang harus diambil bila terjadi gempa,” ujar anggota Komisi I itu. Murid-murid sekolah pun, katanya, harus diberi pemahaman mendasar terkait hal itu.

“Tim SAR juga harus terus-menerus melakukan latihan bersama TNI dan berbagai elemen masyarakat,” imbaunya.

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Sebelumnya, Andi Arief mengatakan, Jakarta berpotensi dilanda gempa 8,7 Skala Ritcher. Pernyataan Andi itu sayangnya kemudian disalahgunakan. Pihak yang tak bertanggung jawab menyebarkan isu melalui sms dan BlackBerry Messanger bahwa Jakarta akan diguncang gempa.

Gubernur DKI Fauzi Bowo pun meminta masyarakat Ibukota untuk tidak panik dan tetap tenang. Menurutnya, berdasarkan data-data akurat terbaru dari Tim Revisi Peta Gempa Nasional, Jakarta relatif aman dari guncangan gempa. Ia pun berjanji, pemerintah DKI akan berupaya menyiapkan infrastruktur untuk menghadapi bencana alam. (eh)

Putin Bersama Wamenhan (Doc: Politico)

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Wamenhan Rusia Timur Ivanov ditangkap dan ditahan atas dugaan kasus korupsi dengan menerima suap skala besar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024