Penambahan Anggaran TNI

Menteri Pertahanan Temui Menteri Keuangan

VIVAnews - Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono sudah bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pertemuan itu membahas soal penambahan anggaran bagi Departemen Pertahanan untuk mendukung kinerja TNI memasuki momen Pemilihan Umum 2009.

"Mengenai penambahan anggaran operasional menjelang Pemilu, saya sudah ke Menkeu (Menteri Keuangan)," ujar Juwono Sudarsono dalam jumpa pers di Ary Suta Center, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Januari 2009.

Departemen Pertahanan sudah mengajukan permohonan penambahan anggaran ke Departemen Keuangan sebesar Rp 460 miliar. Pengajuan penambahan anggaran itu bertujuan untuk mendukung tugas-tugas minimum TNI, terutama menjelang Pemilu.

Pada Selasa, 13 Januari 2009, Juwono mengatakan, anggaran yang diterima Departemen Pertahanan pada 2008 sebesar Rp 36 triliun. Jumlah itu belum termasuk pemotongan 10 persen. Juwono mengakui, pertahanan bukanlah prioritas utama pemerintah. Sebab, alokasi APBN terbesar adalah untuk bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat, sementara untuk Kementrian Politik, Hukum, dan HAM hanya 20 persen.

"Itu harapan kami dapat ditambah anggaran untuk tahun 2009, tetapi kami sudah terbiasa dengan kekurangan-kekurangan. Yang penting sekarang lebih hemat dan cermat untuk mengatur setiap dukungan anggaran sebaik-sebaiknya," kata Juwono kemarin.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024