Kemarin, Medan & Pekanbaru Jadi Kota Terpanas

Gerhana matahari di Jakarta
Sumber :
  • Antara/Ujang Zaelani

VIVAnews - Kota Medan dan Pekanbaru kemarin menjadi kota terpanas di Indonesia. Suhu kota Medan dan Pekanbaru mencapai 36 derajat Celcius. "Karena ada masa transisi ke musim kemarau. Memang saat ini ada kalanya hujan ada kalanya panas," kata Kukuh Ribudiyanto, Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Selasa, 10 Mei 2011.

Namun, untuk kota-kota besar di Indonesia lainnya suhu rata-rata berkisar 32 sampai 33 derajat Celcius. "Cuaca ekstrem ini disebabkan pergerakan suhu matahari yang berada di belahan bumi utara, sehingga pemanasan sangat efektif,” ujar Hartanto, Kasi Data dan Informasi BMKG Polonia, Medan.

Berdasarkan analisa BMKG Polonia Medan, menurutnya cuaca ekstrem akan berlangsung hingga satu pekan mendatang. “Kami perkirakan potensi suhu dengan kisaran di atas 35 akan terjadi satu pekan lagi,” jelasnya.

Ia menambahkan, cuaca panas ini merupakan siklus tahunan. Namun, suhu yang mencapai 36,3 derajat Celcius telah bergeser. "Karena biasanya suhu maksimun berkisar 34,1 hingga 35,8 derajat Celcius,” terangnya.

Sementara United Nations World Meteorological Organization (UNWMO), lembaga khusus PBB yang bertugas untuk memantau cuaca dan iklim melaporkan, pada pekan ini, suhu terpanas di Bumi sempat mencapai 46 derajat Celcius. Adapun suhu terdingin mencapai minus 69,1 derajat.

Berikut ini suhu di tujuh kota besar, Senin, 9 Mei 2011
:

1. Medan: 36,3 derajat Celcius.
2. Jakarta: 33 derajat Celcius.
3. Semarang: 32 derajat Celcius.
4. Surabaya: 33 derajat Celcius.
5. Pekanbaru: 36 derajat Celcius.
6. Jambi: 33 derajat Celcius.
7. Manado: 34 derajat Celcius.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kehadiran pasangan AMIN saat penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 dinilai bisa memberi legitimasi hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024