Korupsi KRL Jepang

KPK Usut Keterlibatan Bendahara PAN

Kereta Api Listrik (KRL) eks Jepang pesanan PT KAI
Sumber :
  • www.kereta-api.com

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan keterlibatan Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Jon Erizal, terkait kasus korupsi hibah kereta api listrik dari Jepang. Jon yang merupakan Direktur PT Powertel itu disebut ikut saat survey kereta ke Jepang.

"Beliau saat itu ikuti survey ke Jepang bersama rombongan Pak Soemino," kata Ade Rahadja di Kantor KPK, Rabu 4 Mei 2011. Soemino Eko Saputro adalah mantan Direktur Jenderal Perkeretaapian. Saat ini Soemino sudah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan.

Menurut Ade, Jon sudah menyatakan tidak terlibat dalam proyek kereta hibah tersebut. "Berangkatnya bareng-bareng, tapi katanya tidak ada urusan dengan KRL," ungkapnya.

Hari ini KPK menjadwalkan pemeriksaan Jon Erizal sebagai saksi. Namun hingga kini belum ada informasi dari yang bersangkutan dan pihak KPK terkait hasil pemeriksaan hari ini.

Dalam kasus ini, KPK sudah menggeledah kantor perwakilan Sumitomo Corporation.

Hibah tersebut bermula ketika Jepang tidak lagi menggunakan kereta listrik sejak tahun 1998-1999. Kebijakan itu berlaku karena Jepang memberlakukan Undang-undang Lingkungan Hidup yang melarang penggunaan refrigent freon pada Air Conditioner (AC) di kendaraan umum.

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki sistem transportasi kereta rel listrik (KRL) sama dengan Jepang. Tahun 2004, melalui PT Kereta Api pemerintah membeli 16 unit KRL kepada Itocu Corporation Japan dengan harga 8 Juta Yen per unit KRL seri 103. Biaya tersebut termasuk angkut dan transaksi. Tahun 2005 PT KA kembali membeli 16 unit KRL seri 8000 pada Tokyu Corporation dengan harga yang sama.

Namun, 30 November 2006, ditandatangani kontrak pengangkutan 60 unit kereta tipe 5.000 milik Tokyo Metro dan tipe 1.000 milik Toyo Rapid hibah eks Jepang itu antara Satuan Kerja Pengembangan Sarana Kereta Api dengan Sumitomo Corporation. Kontrak tersebut menyebutkan nilai per unitnya mencapai 9,9 yen termasuk biaya angkut dan asuransinya.

Dua tipe itu merupakan tipe yang generasi 1 dan 5 yang tergolong tua. Indonesia Corruption Watch menduga ada kerugian negara mencapai 570 juta yen dalam pengadaan kereta tersebut. (sj)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024