TNI AU:

"Keluarga Minta Makam Letkol Heru Dipindah"

Makam Heru Atmodjo di TMP Kalibata
Sumber :

VIVAnews - TNI Angkatan Udara menegaskan bahwa pemindahan makam mantan Asisten Direktur Intelijen Angkatan Udara Republik Indonesia, Letkol (Pnb) Heru Atmodjo, dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan atas permintaan keluarga. Padahal, sebelumnya Markas Besar TNI menyebut pemakaman Heru Atmodjo di Taman Makam Pahlawan Kalibata karena ada kesalahan prosedur.

"Setahu saya keluarga minta untuk dipindahkan ke makam milik keluarga," kata Kepala Dinas Penerangan Umum TNI Angkatan Udara (AU) Kolonel Chandra, saat dihubungi VIVAnews.com, semalam.

Menurut Chandra, pihak keluargalah yang menginginkan makam Letkol Heru dipindah dari Taman Makam Pahlawan Kalibata. Akhirnya, pembongkaran dan pemindahan makam pada 27 Maret 2011 itu dilakukan dan disaksikan keluarga.

Chandra melanjutkan, Heru Atmojdo semasa hidupnya memang memiliki bintang tanda jasa yang dijadikan pertimbangan untuk bisa dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Meski begitu, kata dia, bintang tanda jasa itu bisa dicabut bila yang bersangkutan melakukan kesalahan.

Heru dimakamkan di TMP Kalibata karena menyandang Bintang Gerilya, penghargaan terhadap mereka yang pernah berjuang melawan penjajah pada masa perang kemerdekaan. 

Apakah kesalahan yang dimaksud pernah terlibat G30S/PKI? TNI AU tidak ingin berkomentar banyak terkait hal itu, karena yang demikian merupakan tuduhan serius.

"Kami tidak ingin justifikasi. Itukan urusan sejarah apakah dia terlibat atau tidak. Sementara ini saya pastikan kalau alasan kepindahannya karena permintaan keluarga," tegas Chandra.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Umum TNI Kolonel Minulyo Suprapto mengatakan, saat diteliti, Heru Atmojo tidak memenuhi prasyarat untuk bisa dimakamkan di TMP Kalibata. "Pak Heru Atmojo, setelah diadakan penelitian, ternyata tidak masuk kriteria yang dapat dimakamkan di TMP Kalibata. Karena. itu makamnya dipindahkan," kata Kolonel Minulyo saat di konfirmasi VIVAnews.com. (eh)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024