Pertamina: Tanker Meledak Bukan Milik Kami

Kapal motor tanker (MT) Sandika terbakar di, Pelabuhan Tanjung Priok.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Kapal tanker, Pelita Samudra 2008 Ppa No 4196/L meledak di perairan Sei Pakning, Riau, Senin 25 April 2011. Polisi menduga ledakan dipicu percikan api dari las besi.

Meski akan digunakan untuk memuat Napta dan Ado (Automotive Diesel Oil) DT Pertamina RU II Sungai Pakning ke Dumai, pihak Pertaminan membantah tanker itu miliknya. "Kapal tersebut milik perusahaan lain yang kami kontrak dan kontrak tersebut sudah berakhir sejak tanggal 22 April 2011,"ucap Vice President Corporate Communication Pertamina, M.Harun dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Senin 25 April 2011.

Dengan berakhirnya kontrak tersebut, lanjut Harun, kejadian terbakarnya kapal Pelita Samudra tersebut tidak terkait dan bukan menjadi tanggung jawab Pertamina.

Harun menjelaskan pada saat terbakar sekitar pukul 04.30 WIB, kapal sedang jangkar di lokasi sejauh kurang lebih 800 meter dari jetty Pertamina. Kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu dua puluh menit. Harun menambahkan, atas kejadian tersebut, kegiatan operasional Pertamina di Sei Pakning tidak terpengaruh. Saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut.

Sebelumnya, Sales Manager Pertamina Unit Riau Widrian membenarkan kapal itu milik Pertamina. "Tapi kapal yang terbakar bukan yang reguler mengangkut BBM ke Riau. Informasi lanjutannya masih saya cari," katanya.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Kasat Polair Polres Bengkalis, AKP Wilson Butarbutar menjelaskan insiden bermula saat anak buah kapal (ABK) Sujamin mengelas pipa minyak air, Senin pagi. Satu jam kemudian, ledakan terdengar dari tempat Sujamin bekerja. "Dan menimbulkan kobaran api," kata Wilson.

Akibatnya, pria bersusia 53 tahun tersebut tewas di tempat. Dua korban lainnya -Ikhsan dan Andi Rizal- mengalami luka bakar serta 17 lainnya selamat. (adi)

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024