Diduga PKI, Makam Heru Dipindah dari Kalibata

Makam Heru Atmodjo di TMP Kalibata
Sumber :

VIVAnews - Makam mantan Asisten Direktur Intelijen Angkatan Udara Republik Indonesia, Letkol (Pnb) Heru Atmodjo, dibongkar di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 27 Maret 2011 silam.

Makam Letkol Heru Atmodjo dipindahkan dari TMP Kalibata karena semasa hidupnya, Heru diduga terlibat Gerakan 30 September yang dilakukan Partai Komunis Indonesia.

Saat VIVAnews mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, 25 April 2011, makam Heru Atmodjo yang sudah dibongkar kini hanya tersisa sepetak tanah coklat dan batu yang diletakkan di tengahnya. Tidak terlihat kijing (badan makam) dan nisan, seperti makam yang lain.

Menurut salah satu penjaga makam, pembongkaran memang dilakukan karena Heru diduga terlibat G30S/PKI.

"Waktu itu kurang teliti dalam memeriksa surat-surat (administrasi)-nya. Jadi tidak tahu kalau dia terlibat PKI," jelas penjaga makam itu.

Saat pembongkaran pun, keluarga Heru ada dan ikut menyaksikan. "Waktu digali, dibongkar, keluarganya datang," jelasnya. Namun, hingga saat ini belum diketahui di mana makam Heru Atmodjo dipindahkan.

Sebagai salah satu petinggi di Dinas Intelejen AURI, Heru sering dianggap sebagai salah satu 'dalang' peristiwa G30S/PKI. Namun, Heru kemudian membantah keterlibatannya dan menerbitkan buku berjudul "Gerakan 30 September, Kesaksian Letkol (Pnb) Heru Atmodjo".

Dalam buku itu, Heru menceritakan perannya sehari sebelum persitiwa hingga empat hari setelah peristiwa. Dalam buku itu Heru membantah mengikuti rapat-rapat yang dilakukan PKI. Dalam buku itu, Heru juga mengaku tanda tangannya yang terdapat dalam Dewan Revolusi dipalsukan oleh orang lain.

Heru dimakamkan di TMP Kalibata karena menyandang Bintang Gerilya, penghargaan terhadap mereka yang pernah berjuang melawan penjajah pada masa perang kemerdekaan.  

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Saat meninggal pada 29 Januari 2011 lalu, penguburan Heru pun disertai prosesi upacara pemakaman militer, dengan salvo senjata dan pengheningan cipta. (umi)

Ilustrasi resesi ekonomi/ekonomi global

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut, risiko RI masuk ke jurang resesi masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024