Gubernur Bali Tolak Penghargaan

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika
Sumber :
  • Wima Saraswati/VIVAnews

VIVAnews - Jika sebagian kepala daerah berlomba mengejar penghargaan, beda halnya dengan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Mantan Kapolda Bali ini malah menolak saat diusulkan untuk menerima penghargaan Manggala Satya Kencana atas prestasi Provinsi Bali mengendalikan laju pertumbuhan penduduk melalui program Keluarga Berencana (KB).

Meski baru pertama kali diusulkan menerima penghargaan tersebut, namun ia merasa belum berbuat banyak untuk pengendalian penduduk, meski Bali masuk peringkat ketiga nasional dalam urusan KB.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

"Pak Gubernur merasa belum berbuat banyak kepada masyarakat. Lebih baik penghargaan itu diserahkan kepada bupati/walikota di Bali, yang telah berbuat banyak," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Provinsi Bali, Putu Suardhika, kepada VIVAnews.com, Rabu, 20 April 2011.

Sedianya penghargaan itu akan diberikan pada puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang akan diserahkan oleh Kepala BKKBN. "Bali memang mendapat jatah menerima penghargaan itu. Tetapi Pak Gubernur merekomendasikan penerima penghargaan itu adalah Bupati Bangli, Made Gianyar," ujar Suardhika lagi.

Alasannya, sambungnya, Kabupaten Bangli merupakan daerah berprestasi dalam hal mengendalikan jumlah penduduk. "Sehingga, Pak Bupati Gianyar yang direkomendasikan menerima penghargaan itu," katanya.

Kendati begitu, bukan berarti Gubernur sama sekali tak mau menerima penghargaan tersebut.  "Mungkin saja tahun depan mau menerima jika sudah saatnya. Kalau begitu, berarti Gubernur akan menerima penghargaan Satya Karya Kencana, yang diberikan dua tahun sekali," katanya.

Kepala BKKBN Bali, I Wayan Sundra, mengaku mengikuti saja keinginan Gubernur Made Mangku Pastika. Ia mengaku tak kecewa, namun berharap ke depan Gubernur mau menerima penghargaan Satya Karya Kencana. "Kami mengikuti saja. Jika Gubernur belum berkenan, maka kami akan mengusulkan Bupati Made Gianyar untuk menerima penghargaan tersebut," ujar Sundra.

Laporan Bobby Andalan | Denpasar, Bali

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024