Bentrok Kebumen, TNI Evaluasi Internal

Korban bentrokan aparat TNI AD dengan warga desa Setrojenar, Kebumen
Sumber :
  • Antara/ Idhad Zakaria

VIVAnews - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan pemeriksaan internal menyusul terjadinya bentrokan antara aparat TNI dengan warga di Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu 16 April lalu.

"Kami melakukan identifikasi ke dalam. Jika ada kesalahan prosedur bisa kami ketahui," kata Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono di Istana Bogor, Senin 18 April 2011.

Sementara ini, Agus mengaku belum menerima laporan adanya kesalahan prosedur yang terjadi dalam insiden sengketa lahan itu. Namun, kata dia, pemeriksaan internal tetap dilakukan untuk evaluasi.

Bentrokan berawal dari blokade yang dilakukan warga desa Sentrojenar, Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen di jalan menuju Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad). Blokade itu merupakan bentuk protes warga atas sengketa lahan yang dijadikan latihan menembak.

Rombongan TNI AD yang selesai meninjau latihan menembak di desa Ambal kemudian berupaya membuka blokade warga. Namun, aksi blokade warga tersebut berlanjut ke tindakan anarki. Sejumlah warga bahkan merobohkan gapura dan antena pemancar milik Dislitbangsad.

Melihat situasi protes yang semakin anarki dan membahayakan prajurit serta keamanan Markas Dislitbangad, prajurit TNI AD mengambil langkah sesuai prosedur yaitu memberikan tembakan peringatan ke atas namun tetap tidak dihiraukan.

Bahkan, massa secara brutal menyerang aparat TNI AD. Bentrok pun tak terhindarkan. (eh)

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Presiden terpilih, Prabowo Subianto menyinggung soal penyelenggaraan Pilpres 2024 terutama mengenai panasnya debat Pilpres dimana para kandidat saling adu argumen.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024