NASIONAL

Kopassus Siap Bebaskan Sandera Perompak

Untuk operasi laut Kopassus memiliki satu tim khusus yang dibentuk dan dilatih bersama AL.

ddd
Senin, 11 April 2011, 14:33
Danjen Kopassus Mayjen Lodewijk FP
Danjen Kopassus Mayjen Lodewijk FP (Peni Widarti/VIVAnews)

VIVAnews - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menyatakan siap melakukan operasi pembebasan anak buah kapal atau ABK Kapal Kapal Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia. Hampir sebulan, 20 ABK warga negara Indonesia disandera perompak Somalia.

"Jika diminta Panglima (TNI) kami tentunya akan mendukung kebijakan atau perintah Panglima kepada Kopassus," kata Danjen Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus di Balai Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin, 11 Maret 2011.

Untuk operasi laut, Kopassus memiliki satu tim khusus operasi laut yang dibentuk dan dilatih bersama Angkatan Laut. "Tim pasukan katak."

Meski begitu, Jenderal bintang dua ini enggan memberikan informasi lebih jauh terkait pelaksanaan silent operation oleh TNI yang melibatkan anggota Kopassus atas perompak Somalia di Teluk Aden. "Bukan kami tapi dari TNI. Sekali lagi tolong tanyakan Panglima TNI," katanya.

Para perompak Somalia kini telah meningkatkan permintaan tebusan untuk pembebasan awak Kapal Sinar Kudus. Sebelumnya meminta tebusan US$2,6 juta, kini mereka menaikkannya menjadi US$3,5 juta.

Berdasarkan komunikasi terakhir antara nahkoda kapal, Slamet Juari, dan anaknya, Resky Judiana, pada Minggu pagi, 10 April 2011, para perompak akan menaikkan lagi permintaan uang tebusan untuk pembebasan 20 ABK itu.

Uang tebusan mungkin akan dinaikkan lagi karena tenggat kedua yang ditetapkan pembajak telah lewat, yakni pada Sabtu, 9 April 2011 kemarin. Hal ini karena pemerintah Indonesia tidak segera merespons tuntutan mereka. (kd)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
joz
13/04/2011
saya tunggu bukti kesigapan kalian melawan perompak ayooo kopassus
Balas   • Laporkan
MOrning SHine
12/04/2011
sudahi penderitaan saudara kita, perompak itu gag bisa diajak negosiasi. mereka hanya tau hal hal kekerasan. Hajar mereka tanpa ampun. kita khan punya Pasukan Elite yang gag kalah ama SAS, Spetsnaz, Mossad Israeli dan French GIGN. dan Merekapun sudah sia
Balas   • Laporkan
Udin
12/04/2011
Masalany jumlah perompak 30-50 org sdh menjaga ketat KM Sinar Kudus, lagian biaya pembebasan sandra lebih gede dari permintaan perompak. Kitakan cuma pny hantu laut local, Hantu laut dihantui perompak hihihi
Balas   • Laporkan
farid97
12/04/2011
Pak Beye andakan Jendral dimana anda simpan jiwa saptamarga?bebaskan dengan cara apapun klu ga mau bayar tebusan,nama bangsa dipertaruhkan disini,kopasus sdh mengaku siap,tunggu apalagi,nunggu ampe mereka dibunuh teroris asli?jangan bikin kami malu jd WNI
Balas   • Laporkan
novee
12/04/2011
Kopassus adalah pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia. kelompok yang melakukan misi operasi khusus bagi pemerintah Indonesia, seperti tindakan langsung: konvensional perang, sabotase, kontra-pemberontakan: kontra-terorisme, dan pengumpulan intelijen. Ko
Balas   • Laporkan
novee
11/04/2011
Kesempatan untuk "UNJUK GIGI", jadilah kebanggan kami memiliki tim setangguh dan terkenal. Ayo pahlawan... jangan tunggu Pemerintah memerintah yg bergerak seperti Ulat yg "UNJUK BULU"...
Balas   • Laporkan
sapujagad08
11/04/2011
Betul,masak kalah sama tentara diraja Malaysia, mereka aja mampu bebasin warganya yang di tawan perompak.
Balas   • Laporkan
logongkelapa
11/04/2011
Gak percaya. Ada kemungkinan bakalan kopasus diganyang ama perompak Somalia. Lari tunggang langgang. Kalo gak, mereka udah lama berangkat. Kalo betulan mau berangkat mah gak pake bilang2 heboh duluan.
Balas   • Laporkan
wawan
11/04/2011
Saya mendukung langkah kopasus, lebih baik berangkat saja, daripada nunggu perintah yang nggak tegas, wong kok senenge ingah ingih.
Balas   • Laporkan
Semprol
11/04/2011
Setuju ,jangan jual harga diri bangsa pada perompak.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id