Korban Penembakan di Freeport Dimakamkan

Penembakan Karyawan Freeport Indonesia
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews- Penanggungjawab Security PT Freeport Indonesia, Hari Bonatama Siregar, diduga meninggal akibat penembakan pada saat bertugas di wilayah Tanggul Timur, Timika, Papua.

Kepolisian setempat melansir ada bekas tembakan ke arah badan mobil dan menyebabkan mobil patroli terbalik dan terbakar di lokasi kejadian.

Menurut juru bicara PT Freeport Indonesia, Ramdani Sirait, peristiwa tersebut terjadi Kamis, 7 April 2011, pukul 18.15 waktu setempat. Dalam kejadian tersebut, tak hanya Hari yang menjadi korban, namun juga atasannya Daniel Mansawan.

"Saat ini kami dan pihak keluarga korban masih menunggu hasil otopsi dari Rumah Sakit Perusahaan Tembaga Pura. Karena korban terbakar, kami harus menunggu hasil forensiknya agak lama," ujar Ramdani saat ditemui di Rumah Duka St. Carolus, di Jakarta, Senin, 11 April 2011.

Hari yang telah bekerja di PT Freeport Indonesia selama 11 tahun ini bukanlah korban penembakan pertama. Menurut Ramdani, sejak 2009 telah terjadi beberapa peristiwa serupa yang hingga kini belum terungkap motifnya.

"Kepolisian menyatakan peristiwa pertama pada 2009 itu ada luka tembak, tapi hingga kini belum terungkap siapa pelakunya. Beberapa hari sebelum kejadian ini, petugas kami juga ada yang terluka akibat tembakan pada kaca mobil patroli," ungkapnya.

Ramdani membantah ada upaya dari PT Freeport Indonesia untuk menutupi kasus ini. Hingga kini, tambah dia, perusahaan tetap menindaklanjuti rentetan peristiwa penembakan terhadap karyawan Freeport yang bertugas.

"Perusahaan tidak ingin menduga-duga dan hanya bisa mendukung Kepolisian dan pemerintah yang berwenang mengungkap kasus ini," tegasnya.

Sementara itu, pihak keluarga korban, mengatakan tak ingin masalah ini diungkit-ungkit lagi.

"Peristiwa ini tidak perlu kita bahas. Biar kematian dan kehidupan menjadi milik Tuhan," kata Lisa, salah satu keluarga korban.

Jenazah Hari rencananya akan dimakamkan di TPU Pondok Kelapa siang ini. Sedangkan, pihak keluarga dan rekan-rekan Hari di PT Freeport masih terus berdatangan. (umi)

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024