Poco-poco Haram di Malaysia, Apa Pendapat MUI

Tari poco-poco massal di Malaysia
Sumber :
  • The Malaysian Insider

VIVAnews - Gara-gara tari Poco-poco, warga Malaysia terbelah jadi dua kubu. Ada yang sepakat dengan putusan Jawatankuasa Fatwa Negeri Perak yang mengharamkannya. Sementara, kelompok lain garang menentang.

Menurut mufti (ulama) Perak, Tan Sri Harussani Zakaria, ada dua hal yang jadi alasan pelarangan tarian impor dari Indonesia itu. Pertama, Poco-poco mirip tarian pemujaan roh di Jamaika. Juga, gerakannya yang ke depan-kiri-kanan-belakang dianggap mengandung elemen Kristiani, membentuk salib.

Bagaimana sikap Majelis Ulama Indonesia menanggapi pendapat ulama negeri jiran?

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh berpendapat, tak bisa sebuah hukum dikeluarkan tanpa melihat konteksnya. "Konteksnya seperti apa? Kalau konteks Poco-poco misalnya, jadi sarana yang menyebabkan eksploitasi aurat, menyebabkan maksiat, itu haram," kata dia kepada VIVAnews.com.

Namun, sebaliknya, "jika Poco-poco untuk olahraga, olah fisik yang tidak bertentangan dengan syariat, boleh saja," tambah dia.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Pada Prinsipnya, tambah Niam, Poco-poco hukumnya mubah, harus dilihat konteksnya. "Harus dilihat secara komperehensif."

Sementara, salah satu Ketua MUI, Chalil Ridwan, berpendapat secara pribadi, suatu kegiatan yang menyerupai ritual agama lain diharamkan. "Misalnya Majusi menyembah api, umat Islam melakukan aktivitas pemujaan api, itu hukumnya haram. Kemudian, salat di dalam masjid, lalu diiringi musik, gitar, piano, seperti--maaf--umat Kristen di gereja, itu tidak boleh."

Untuk diketahui, Poco-poco mulai dikenal di Malaysia tahun 2001 lalu. Poco-poco ditarikan secara meluas di Malaysia oleh semua kalangan, termasuk polisi, tentara, guru, siswa, selebriti, bahkan tokoh politik. Maka tak heran jika polemik haram-halal Poco-poco ditanggapi sejumlah tokoh politik.

Ketua Pemuda Barisan Nasional, Khairy Jamaluddin, misalnya. Ia mempertanyakan pelarangan itu. "Jika dilakukan untuk olahraga, tanpa tujuan tertentu, apa salahnya?" dia mempertanyakan. Khairy yakin warga Malaysia tak menganggap tarian itu mengandung elemen Kristen atau ritual pemujaan roh.

Sementara, anggota biro politik pusat PAS, Khalid Samad mendeskripsikan putusan Poco-poco haram "konyol" dan "sama sekali tak bisa diterima".

"Orang melakukan Poco-poco hanya untuk olahraga, tak ada urusan keyakinan di dalamnya," kata dia seperti dimuat The Star. (kd)

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024