13 Korban Tewas di Papua Bukan Akibat Banjir

Banjir bandang di Wasior, Papua
Sumber :
  • AP Photo/Abdul Muin

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah adanya 13 korban tewas akibat banjir bandang di  Distrik Ekadide dan Agadide, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. 13 Korban itu tewas akibat perahu mereka yang terguling di Danau Tigi.

"Berdasarkan laporan dari Pemda Paniai, disebutkan bahwa korban meninggal disebabkan oleh kecelakaan perahu terbalik di Danau Tigi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan yang diperoleh VIVAnews.com, Jumat 1 April 2011.

Sebelumnya Wakil Presiden Boediono menyatakan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Paniai, Papua, itu menyebabkan 13 orang tewas. "Daerahnya sulit (ditempuh)," kata dia. Bencana ini, kata dia, mengingatkan bangsa ini untuk selalu siaga.

Sutopo menjelaskan, pada 26 Maret 2011, 14 masyarakat dan kepala desa  di distrik Kebo, Kabupaten Paniai belanja material bangunan dengan menggunakan perahu. Transportasi antar distrik banyak dilakukan dengan menggunakan perahu karena permukiman berkembang di sekitar Danau Tigi.

Kemudian, pada pukul 15.00 WIT, danau Tigi berombak cukup besar sehingga perahu terbalik dan tenggelam. Empat orang selamat sedangkan 10 orang meninggal. Korban tewas baru ditemukan pada Kamis, 31 Maret 2011.

Mengenai meluapnya Danau Tigi, menurut Sutopo, disebabkan adanya curah hujan yang terus menerus sejak Januari 2011. Akibatnya, permukaan air danau Tigi meluap dan menggenangi permukiman.

Banjir di Distrik Ekadide dan Agadide sudah terjadi sejak 18 Maret 2011 hingga sekarang. Sebanyak 6.000 masyarakat mengungsi. Di Kabupaten Paniai terdapat 3 danau besar kaskade yang terletak di dataran tinggi pegunungan (1.740 meter di atas permukaan laut) yaitu di bagian atas adalah Danau Paniai, Danau Tage dan Danau Tigi. Danau Paniai memiliki luas dan volume yang sangat besar.

"Jadi tidak ada kaitan antara banjir dan 10 orang korban meninggal dunia. Meninggalnya korban karena kecelakaan perahu yang overload dengan penumpang 14 orang dan membawa material bangunan serta adanya ombak di Danau Tigi, Kabupaten Paniai," tegas Sutopo. (SJ)

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024