Hingga Mei, Surabaya Dibayangi Puting Beliung

Atap roboh akibat hujan deras Jakarta
Sumber :
  • Akun Twitter @denyrealisateur

VIVAnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya memprediksi, beberapa hari kedepan, potensi hujan lebat disertai angin kencang, guntur dan petir terjadi di Surabaya dan sekitarnya.

"Dari analisa prakiraan kami, kondisi ini memicu timbulnya angin kencang puting beliung," kata Prakirawan BMKG Juanda, Ahmad Rofiul Jumat, 1 April  2011.

Dijelaskan, situasi antara masa pencaroba menuju kemarau bisa memicu munculnya awan dengan hembusan angin berkisar antara 9 – 45 km  per jam. "Ini akan terjadi dalam bulan pancaroba hingga di bulan Mei mendatang," lanjutnya.

Prediksi BMKG, sampai Mei angin yang berhembus bisa mencapai kisaran mengkhawatirkan dengan kecepatan bervariasi antara 65 sampai 90 km per jam. "Hembusan angin seperti itu tergolong besar dan kuat. Karena, ukuran kecepatan angin puting beliung bisa mencapai 90 km per jam," terang Huda.

Sementara hembusan angin puting beliung tidak bisa prediksi kemunculannya. Sebab, angin puting beliung bersifat lokal  dan terlokalisir pada satu wilayah dengan luasan tidak lebih antara 5 sampai 10 km.

"Tidak bisa diprediksikan, karena kejadiannya sangat singkat. Kami hanya bisa menduga kemunculannya sesuai dengan karakter cuacanya, seperti keadaan udara terasa gerah dan panas disertai awan menggumpal cukup tebal berwarna gelap ditambah dengan angin yang membuat pohon serta ranting bergerak cepat," lanjut Huda.

Kondisi ini, tidak hanya terjadi di Surabaya, melainkan sudah meluas di wilayah Jawa Timur. Prediksi BMKG Juanda menyebut, sebagian wilayah Jawa Timur pada bulan April 2011 masih berada pada musim penghujan menuju pancaroba.

Sementara untuk cuaca di Surabaya dan sekitarnya dalam 7 hari kedepan umumnya berawan dan hujan. Angin dari arah Barat Laut ke Barat Daya dengan kecepatan 0,5 sampai 45 km per jam. Dan, suhu udara antara 24 sampai 34 derajat Celsius.

Laporan Tudji Martudji | Surabaya

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024