Banjir Bandang Papua, Daerah Diminta Siaga

Boediono
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat rawan bencana. Untuk itu, dia pun meminta semua kepala daerah bersama rakyat tetap waspada.

"Kita tidak tahu bencana itu kapan menimpa kita dan pengalaman dunia menunjukkan bahwa kesiagaan sangat penting," kata Boediono dalam rapat koordinasi Gubernur se-Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung) di Hotel Abadi Suites, Jambi, Jumat 1 April 2011.

Boediono lantas mengambil contoh bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang, 11 Maret lalu. Negara yang paling siaga menghadapi bencana seperti Jepang saja kewalahan. "Dan masih banyak yang belum selesai penanganannya," kata Boediono.

Untuk itu, tegasnya, semua struktur dan tim pengamanan bencana beserta masyarakat melaksanakan latihan yang berkesinambungan dalam menghadapi bencana. "Saya menggarisbawahi masalah kesiagaan menghadapi bencana ini," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Boediono juga menyampaikan keprihatinan dan bela sungkawa atas banjir bandang yang terjadi di Distrik Paniai, Papua. Boediono mencatat, 13 orang tewas dalam bencana ini.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

"Daerah yang sulit (ditempuh)," kata dia. Bencana ini, kata dia, mengingatkan bangsa ini untuk selalu siaga. (umi)

Polusi Udara Jakarta

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Kualitas udara di DKI Jakarta menjadi yang terburuk kelima di dunia pada hari kedua pasca-liburan Idul Fitri, Rabu pagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024