TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jepang Ingin Belajar dari BRR Aceh-Nias

Mantan Ketua BRR Kuntoro Mangkusubroto berencana menjelaskan BRR kepada Jepang.
Jepang Ingin Belajar dari BRR Aceh-Nias
Kuntoro Mangkusubroto  (ANTARA BRR/ HO/ Arif Ariadi)

VIVAnews - Pemerintah Jepang berencana belajar dari Indonesia dalam menanggulangi paska bencana Tsunami seperti terjadi di Aceh.

Demikian diungkapkan Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto saat menghadiri acara Indonesia for Japan di depan Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Minggu, 27 Maret 2010.

"Minggu depan saya akan melakukan teleconference dengan mereka karena mereka ingin belajar dengan apa yang kita lakukan di Aceh," ungkap Kuntoro.

Mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias ini akan menyampaikan kepada Pemerintah Jepang tentang bagaimana membentuk organisasi BRR.

"Kenapa Aceh berhasil, salah satunya BRR ini. Di Jepang urusan seperti ini masih dilakukan perdana menteri. Nah, perlu ada BRR punya kewenangan khusus menangani bencana ini. Cara kerjanya, pengalaman BRR adalah sumbangan kami paling berarti untuk Jepang," ujar Kuntoro.

Sementara itu, hingga saat ini Pemerintah Indonesia telah menyumbangkan bantuan sebesar US$2 juta dan 10 ribu selimut. "Pada pagi hari ini kita bersama-sama berkumpul di sini menyampaikan simpati kita, meski dalam bentuk sederhana," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP