NASIONAL

Rebutan Kursi Pesawat, Roy Suryo Jadi Sorotan

Melalui akun Twitter @ernestprakasa, penumpang itu menceritakan kronologi kejadian.

ddd
Sabtu, 26 Maret 2011, 15:06
Roy Suryo
Roy Suryo (VIVAnews/Beno Junianto)

VIVAnews - Kehebohan terjadi di kabin pesawat Lion Air untuk penerbangan Jakarta-Yogkarta pukul 06.15, Sabtu, 26 Maret 2011. Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Roy Suryo berebut kursi dengan penumpang lain.

Melalui akun Twitter @ernestprakasa, penumpang itu menceritakan kronologi kejadian. Saat boarding, ia mendapati kursinya telah diduduki Roy Suryo dan istrinya.

Mereka lalu berdebat. Masing-masing bersikukuh sebagai pemilik kursi. "Pas dicek,trnyata, *jreng2* tiket Roy Suryo a/ u/ flight jam 7.45,bukan 6.15. Tapi dia kekeuh gamo turun,pk bw2 nama dir.Lion Air," demikian tweet @ernestprakasa.

Ketegangan yang tak segera teratasi itu membuat awak kabin belum bisa menutup pintu pesawat. Teriakan kapten pilot agar pintu segera ditutup juga sulit dipenuhi lantaran ada dua penumpang masih berdiri.

Sejumlah petugas akhirnya mengajak Roy berkomunikasi di tengah riuh penumpang yang meminta Roy turun. Beberapa saat kemudian, Roy dan istri akhirnya berdiri, meminta maaf kepada penumpang, dan turun dari pesawat. Penumpang pun bersorak dan pesawat diterbangkan setelah tertunda 15 menit.

Sementara terkait kejadian itu, Roy Suryo yang dihubungi VIVAnews memberikan klarifikasi bahwa kejadian itu merupakan pemutaranbalikan fakta. "Ini soal double seat dan saya mengalah," ujarnya, Sabtu, 26 Maret 2011.

Dijelaskan Roy, kejadian ini berawal dari rencananya pergi ke Yogyakarta untuk urusan keluarga pada hari Minggu. Dua hari sebelum berangkat, dia bertemu dengan Menkominfo Tifatul Sembiring yang mengajak ikut dalam sebuah acara di Bantul, pada hari Sabtu ini.

Karena undangan itu, Roy kemudian menghubungi agen perjalanan dan meminta mengganti jadwal penerbangan. "Saya dikasih tiket Lion Air, dan malam sebelum berangkat saya memastikan kembali bahwa penerbangan untuk saya benar pukul 06.15," ujarnya.

Pagi tadi, Roy sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 05.00, dan check in di counter 24. Petugas bernama Volta, kemudian memberi dua boarding pass dan memberi tahu pesawat sudah stand by di Gate A7.

"Kemudian dari A7 proses biasa. Tiket dilihat dan disobek. Saya diantar menuju pesawat, dan ditunjukkan kursi 1a dan 1b. Koper saya bahkan sudah diletakkan di loker pramugari," ujarnya.

Roy duduk sekitar 25 menit di kursi itu. Namun, lima menit sebelum take off, ada rombongan pemain band, dan ada dua orang tidak kebagian kursi.

Di sinilah terjadi kericuhan itu. Petugas lalu menghampiri Roy. "Maaf Pak, boleh lihat boarding pass? Pak, ini maaf jam 07.00 nanti," kata petugas itu.

Roy membenarkan kalau dirinya bicara dengan petugas itu tentang siapa dirinya. "Saya memang bilang, 'Maaf kamu tahu nggak saya siapa, karena dia meminta saya turun."

"Saya juga sebutkan direktur di Lion, Andi Burhan, karena biasa dia pasti akan mencarikan solusi dan selesai. Tapi dikontak tidak aktif."

Setelah datang petugas yang sebelumnya mengantar Roy Suryo, baru dipastikan ada kesalahan cetak jam penerbangan. "Katanya karena kru malam tidak menginformasikan kepada kru pagi, saya dan istri saya langsung berdiri, dan mengumumkan ke penumpang dan mengatakan saya mengganggu penerbangan dan mohon maaf." (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
mame
27/03/2011
halah... halah... sampeyan iki....
Balas   • Laporkan
boyocity
27/03/2011
Hmmnnn, beginilah kelakuan orang demokrat, dulu si Ibas dgn Garuda, skr si Roy dgn Lion, si Roy pakai sebut siapa dirinya? hmmnn..sok kuasa, pejabat koq malah sewenang-wenang. Didikan SBY smua ini....sok kuasa, dan menindas orang lain.
Balas   • Laporkan
sunartosoepatmodjo
26/03/2011
Wah, kasihan betul si roi ini... Wis roi, si petugas itu tahu sampeyan siapa kok, sampeyan itu si roi yang nyebahi. Roi, roi...
Balas   • Laporkan
matke
26/03/2011
Ini mah yang salah kru Lion Airnya. Kasihan konsumennya lho.
Balas   • Laporkan
xnome
26/03/2011
ini namana mentang-mentang mentang2 anggota dewan, soknya selangit
Balas   • Laporkan
muhammad.yesus
26/03/2011
mas roy yang guanteng... ngalah donk akh... semua orang punya kepentingan yang sama dengan ente... gak pandang bulu ente siapa...
Balas   • Laporkan
Iwan
26/03/2011
Kayak baru pertama kali naik pswt aja, kalo terima boarding pass ya diliat dulu dgn teliti, jam keberangkatan, no kursi dll....
Balas   • Laporkan
badonk | 26/03/2011 | Laporkan
mau lewat jalur cepat dia bang.. ga mau tau gitu2an.. maklum org pnting.. hehehe


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id