Bom Kota Wisata Berjarak 2 Km dari Rumah SBY

Petugas memeriksa lokasi kejadian bom Utan Kayu
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ledakan bom di Pemukiman Kota Wisata, klaster Maroco, hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar Dadang Raharja mengatakan, tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) yang dikirim Polda Jawa Barat juga yang bertugas di rumah Presiden SBY. "Hanya sekitar 2 Km dari rumah Presiden SBY. Saat lapor ke Polda Jabar, langsung dikirim tim Jihandak yang ada di rumah presiden," ujar Dadang saat ditemui wartawan di lokasi penemuan bom, Jumat 18 Maret 2011.
 
Bom yang dibungkus dengan kardus mi instan itu meledak sebelum dipersiapkan untuk diledakkan tim Jihandak, atau sekitar pukul 11.30 WIB. Pemicu ledakan dipastikan dari timer yang ada di dalam bungkusan itu.

Saat ini, Polres Bogor masih menunggu Puslabfor Polda Jawa Barat untuk melakukan identifikasi di lokasi ledakan. Areal ledakan disterilisasi sejauh 500 meter dan diberi garis polisi, karena banyak warga yang berdatangan untuk melihat.

Sementara itu, tiga saksi yang melihat dan melaporkan penemuan bom sudah dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. "Sejauh ini belum ada yang melihat siapa yang meletakkan benda itu. Dua petugas kebersihan dan koordinator keamanan perumahan kami mintai keterangan," ujarnya.

Paket itu bertulis, 'Ini Bom' dan 'Allahu Akbar' ditemukan di klaster 55, sekitar 1 kilometer dari pintu masuk perumahan.  Tidak ada alamat pengirim dalam bungkusan itu.

Sebelumnya, sebuah paket mencurigakan sempat diledakkan Gegana di Jalan Condet Batu Ampar II, persisnya di lokasi gardu listrik, Condet Balaikambang, RT 08 RW 03. Setelah diperiksa, paket itu ternyata berisi sepatu bermerek Tremor.

Paket mencurigakan lainnya juga membuat geger warga Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Paket buku itu dikirim ke rumah Indra, di Jalan Metro Kencana V, Pondok Indah. Karena khawatir itu paket serupa dengan paket bom buku yang dikirimkan ke rumah Ahmad Dhani, Komunitas Utan Kayu, BNN dan kediaman Japto S. Soerjosoemarno, pemilik rumah melapor kepada polisi.

Teror bom membuat takut warga setelah Selasa lalu empat paket dikirimkan ke empat lokasi berbeda. Satu paket bom yang dikirimkan ke Komunitas Utan Kayu sempat meledak dan melukai tiga orang.  Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor (adi)

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024