Bom Utan Kayu

Densus Antiteror Periksa Jurnalis Sun TV

Ledakan bom Utan kayu
Sumber :
  • twitter@KBR68H

VIVAnews - Detasemen Khusus Antiteror 88 Polda Metro Jaya masih memeriksa sejumlah saksi yang dianggap paling tahu saat paket bom di Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur meledak, Selasa sore, 15 Maret 2011

Dari pantuan VIVAnews.com, Selasa malam, 15 Maret 2011, ada dua orang pada pukul 21.00 WIB, dibawa ke markas Densus 88 Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan. Keduanya adalah Direktur Institut Studi Arus Informasi (ISAI), Irawan Saptono, dan kontributor Sun TV, Donald.

Menurut keterangan Irawan, saat tiba di Sentra Pelayanan Kepolisian Polda Metro Jaya dia dimintai keterangan terkait kronologi sebelum bom meledak. "Kami akan dimintai keterangan Densus, sebelumnya telah membuat laporan di SPK Polda Metro Jaya," ujar Irawan.

Dalam keterangan singkat, Irawan membenarkan Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Timur, Komisaris Dodi Rahmawan terkesan terburu-buru mengambil tindakan untuk menjinakan bom, ketimbang memilih untuk menunggu tim Gegana datang. "Awalnya saya juga menyangka hanya main-mainan. Maka saat itu Kasat (Dodi Rahmawan) mencoba membuka bungkusan itu," ujarnya lagi.

Irawan juga memastikan sempat terjadi komunikasi antara Dodi dengan seseorang diujung telepon. Namun tidak bisa dipastikan apakah itu dari tim Gegana  yang memberikan arahan untuk menjinakkan bom. "Diperintah untuk menyiram dengan air sebelum meledak," ujarnya.

Donald juga akan dimintai keterangan mengenai hal yang sama. Donald yang datang dengan memakai kemeja biru tua, sebelumnya dimintai keterangan tim Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya. Donald adalah salah satu wartawan yang melihat ledakan bom itu. "Karena saat meledak saya ada di lokasi bersama sejumlah rekan-rekan yang lain," ujarnya.

Saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Donald mengakui ada sekitar sembilan orang lagi yang sedang dimintai keterangan penyidik Densus 88. Mereka adalah pegawai di Komunitas Utan Kayu. (adi)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024