Banjir Bandang

Heli dan Gajah Ikut Evakuasi Warga di Pidie

Sungai meluap akibat banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Hingga hari ketiga musibah banjir bandang di Tangse, Kabupaten Pidie, dua desa masih terisolasi. Pemerintah mengirimkan bantuan makanan lewat udara dengan mengerahkan helikopter.

Desa tersebut yaitu Blang Pandak dan sebagian desa Rantau Panyang, yang berpenduduk sekitar 2.000 jiwa. Tim evakuasi masih berusaha menembus kedua desa itu. Namun banyaknya tumpukan kayu serta lumpur, membuat proses penyelamatan dan pengiriman bantuan terhambat.

Seketaris Daerah Kabupaten Pidie, M Iryawan menyebutkan, pihaknya akan berupaya membuka akses ke dua desa itu hari ini. Selain helikopter, juga telah didatangkan beberapa alat berat. "Kita berusaha penuh menyalurkan bantuan ke sana," ujarnya, Minggu 13 Maret 2011.

Iryawan yang juga ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pidie itu juga menyebutkan, upaya pencarian korban masih terus dilakukan. Data resmi yang mereka keluarkan menyebutkan, 6 orang ditemukan dalam keadaan tewas, dan 6 orang lagi masih dinyatakan hilang.

"Memang pada awal pendataan sempat kacau, sempat ada yang menyebut bahwa korban berjumlah 21 orang dan ada yang menyebutkan 155 orang. Kita minta para relawan tidak menyebarkan data yang salah," ujarnya.

Selain itu Iryawan menyebutkan, pihaknya terus menambah alat berat, untuk membuka keterisoliran daerah yang belum bisa ditempuh. Pihaknya juga mendatangkan gajah-gajah dari Kecamatan Mane, Pidie untuk membantu mengangkut sisa–sisa kayu yang tebawa bajir bandang dan menghantam pemukinan warga.

Pihaknya memperkirakan kerugian akibat bencana ini lebih dari Rp1 triliun. Sedikitnya 262 rumah warga di 11 desa musnah, dan 13 jembatan hanyut terbawa banjir. Jalan sepanjang enam kilometer juga mengalami kerusakan parah.

"Data kerusakannnya masih bisa terus bertambah karena kami belum bisa mencapai semua daerah yang terkena bencana," katanya.

Laporan Muhammad Riza | Aceh, umi

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024