Gantikan Nanan, Fajar Prihantoro Jadi Irwasum

Polri: Nanan Sukarna
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Mabes Polri melakukan mutasi jabatan terhadap sejumlah jenderal, yang tertera dalam Surat Telegram Rahasia dengan Nomor STR/171/III/2011.

"Ada sejumlah pergantian," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar dalam pesan singkat, Rabu 2 Maret 2011.

Menurut Boy, dalam telegram rahasia itu tertera mutasi terhadap sejumlah pejabat utama Mabes Polri. Di antaranya Kabaharkam Komjen Fajar Prihantoro yang diangkat menjadi Inspektur Pengamanan Umum (Irwasum) menggantikan Komjen Pol Nanan Soekarna yang kini Wakapolri.

Selain itu, Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Imam Sudjarwo menjadi Kabaharkam menggantikan Fajar. Sedangkan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Oegroseno menjadi Kalemdikpol menggantikan posisi Imam.

Di jajaran Reskrim, Wakabareskrim Irjen Pol Dikdik Mulyana Arif dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri. Posisinya digantikan oleh Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Mathius Salempang.

Selain itu, di jajaran Kapolda, Irjen Bambang Widaryatmo yang semula sebagai Widyaiswara menjadi Kapolda Kaltim menggantikan Mathius Salempang. Irjen Untung Radjab menjadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Badrotin Haiti yang dimutasi menjadi Korsahli Kapolri.

Kemudian, Irjen Wisnu Amat Sastro menjadi Kapolda Sumatera Utara menggantikan Oegroseno. Brigjen Wahyu Indra menjadi Kapolda Sumatera Barat.

Total ada 16 perwira tinggi (Pati) berpangkat jenderal bintang tiga hingga bintang satu yang dimutasi kali ini.

Kemarin, Selasa 1 Maret 2011, Nanan Soekarna resmi dilantik menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani yang memasuki masa pensiun.

Apa yang akan dilakukan Nanan setelah menjabat sebagai Wakapolri? "Saya siap meneruskan apa yang sudah dilakukan Pak Jusuf (Manggabarani) sebagai Wakapolri yang lama. Tugas saya adalah menegakkan kepala pada leher," kata Nanan usai serah terima jabatan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2011. (umi)

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024